AT TIRMIDZI https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/ekonomisyariah en-US Fri, 06 Sep 2024 01:24:39 +0000 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Implementasi Akad Mudharabah Muthlaqah Pada Produk Tabungan Sahara (Simpanan Haji dan Umrah) Di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Sepulu https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/ekonomisyariah/article/view/100 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi akad mudharabah muthlaqah pada produk tabungan sahara di KSPPS BMT NU Jawa Timur cabang Sepulu dan untuk mengetahui sistem bagi hasil akad mudharabah muthlaqah pada produk tabungan sahara di KSPPS BMT NU Jawa Timur cabang Sepulu. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala cabang BMT NU, karyawan BMT NU dan nasabah tabungan sahara BMT NU. Metode penelitian datanya dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini Tabungan sahara diawali dengan pembukaan rekening tabungan sahara dengan membayar biaya administrasi sebesar Rp.30.000 dan untuk setoran awal hanya Rp.100.000 sedangkan untuk setoran selanjutnya sesuai kemampuan nasabah tidak dibatasi. Akad yang digunakan dalam tabungan sahara ini menggunakan akad mudharabah muthlaqah yang mana ada pihak yang memberikan sejumlah modalnya agar dikelola oleh mudharib tanpa batasan syarat tertentu. Pembagian hasil dalam tabungan sahara ini dilakukan dalam 1 bulan sekali dari laba pendapatan BMT NU. Shahibul maal mendapatkan 65% sedangkan mudharib mendapatkan 35%. Namun hasilnya tergantung laba dari BMT NU jika pendapatan tiap bulannya besar maka bagi hasil tabungan sahara juga semakin besar, begitu pula sebaliknya</p> Dewi Hidayati, Soimah Copyright (c) 2024 AT TIRMIDZI https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/ekonomisyariah/article/view/100 Fri, 06 Sep 2024 00:00:00 +0000 Strategi Pemasaran Inovatif Juragan Tas: Memahami Kebutuhan Pelanggan dan Menyajikan Solusi yang Unik https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/ekonomisyariah/article/view/108 <p><strong><em>Abstract: </em></strong><em>In today’s competitive business environment, companies must be able to implement innovative marketing strategies to survive and thrive. This study aims to analyze how Toko Juragan Tas deeply understands customer needs and develops product solutions according to their needs. Through qualitative research that includes interviews with Toko Juragan Tas management and an in-depth analysis of their marketing strategies, this study reveals several important findings. First, Toko Juragan Tas proactively conducts market analysis and identifies customer segments to identify changing customer trends and preferences. Second, the company develops innovative products that not only meet functional needs but also meet customers’ emotional needs. Third, Toko Juragan Tas implements an effective promotional strategy by combining digital and offline promotional strategies that can reach the target market effectively. Fourth, Toko Juragan Tas utilizes digital technology comprehensively to improve operational efficiency, expand market reach, and provide superior customer experience. The findings of this study provide valuable insights for other business actors in the same or different industries to develop innovative and customer-oriented marketing strategies. This article contributes to the marketing literature by highlighting Toko Juragan Tas’s comprehensive approach to understanding and meeting customer needs uniquely.</em></p> M. Khanif Ardzani, Natalia Putri Anjar Sari, Zaita Syifa Simamora Copyright (c) 2024 AT TIRMIDZI https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/ekonomisyariah/article/view/108 Fri, 06 Sep 2024 00:00:00 +0000 Analisis Optimalisasi Produksi Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Pedagang Kaki Lima Perspektif Bisnis Islam https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/ekonomisyariah/article/view/101 <p>Optimalisasi produksi merupakan cara bagaimana melakukan produksi agar mneggunakan faktor-faktor produksi se efesien mungkin. Yakni bagaimana cara penerapan pedagang kaki pada proses produksinya agar produksinya tetap optimal dalam meningkatkan jumlah penjualannya nemun tidak merugikan orang lain karena optimalisasi produksi bukanlah bentuk kecurangan produksi tetapi pemakaian bahan produksi secara koefisien. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan optimalisasi produksi yang dilakukan oleh pedagang kaki lima Stadion Gelora Bangkalan dalam meningkatkan jumlah penjualannya baik secara perekonomian maupun perspektif bisnis Islam. Penelitian ini kualitatif, subjek penelitian ini adalah pedagang kaki lima stadion gelora Bangkalan. Metode pengumpulan data dengan melakukan wawancara,observasi dan dokumentasi.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan <em>pertama</em> optimalisasi produksi dalam meningkatkan penjualan pedagang kaki lima dengan menghemat bahan dan menekan yang dipakai dalam produksi hal ini banyak diterapkan oleh pedagang kaki lima dalam proses produksinya tanpa merugikan pihak kedua yaitu pihak pembeli. <em>Kedua</em>, optimalisasi produksi dalam meningkatkan jumlah penjualan pedagang kaki lima sudah ada yang sesuai dengan bisnis Islam. Dimulai dari bahan dan biaya produksi yang halal, pemasaran penjualan pemasaran pedagang kaki lima menurut perilaku produksi dalam Islam. Tetapi ada pula pedagang kaki lima yang kurang tepat dalam menerapkan optimalisasi produksi perspektif bisnis Islam.</p> Indri Paramithasari, Khodijah Copyright (c) 2024 AT TIRMIDZI https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/ekonomisyariah/article/view/101 Fri, 06 Sep 2024 00:00:00 +0000