Multidisipliner Knowledge https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/mk en-US Sun, 21 Jul 2024 13:45:40 +0000 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Problematika Perkembangan Sains Dan Dampaknya Terhadap Pendidikan Islam (Problems With The Development Of Science And Its Impact On Islamic Education) https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/mk/article/view/94 <p><strong>Abstrak.</strong> Perkembangan sains saat ini dirasa mengarah kepada kehidupan manusia di posisi yang paling tinggi. Tidak dipungkiri perseteruan antara agama dan sains merupakan isu klasik&nbsp; yang sampai saat ini masih berkembang di dunia Barat dalam wujud sekularisme. Tetapi, Islam tidak mendekati persoalan sains ini dari perspektif tersebut karena al-Qur’an dan al-Sunnah telah memberikan sistem yang lengkap dan sempurna yang mencakup semua aspek kehidupan manusia, termasuk kegiatan-kegiatan ilmiah atau penyelidikan-penyelidikan ilmiah yang merupakan bagian integral dari&nbsp; keseluruhan sistem Islam dimana&nbsp; masing-masing&nbsp; bagian&nbsp; memberikan&nbsp; sumbangan&nbsp; berupa Pengetahuan manusia secara menyeluruh yang didasarkan pada rasionalisasi&nbsp; untuk&nbsp; menentukan&nbsp; segala-galanya,&nbsp; dan bukan lagi menyertakan nilai-nilai intrinsik yang bercermin pada diri manusia. Perkembangan sains hendaknya harus&nbsp; tetap&nbsp; memiliki&nbsp; tujuan&nbsp; dan&nbsp; cita-cita&nbsp; hidup&nbsp; manusia, dan bukan menjadi perusak. selain&nbsp; itu perkembangansains&nbsp; hendaknya terus berjalan dengan segala resikonya. Dan yang perlu&nbsp; diperbaiki&nbsp; adalah&nbsp; penanaman&nbsp; nilai agar terjaga keseimbangan, agar sains yang akan terus berkembang ini dapat memberikan manfaat dan tidak mengancam manusia sebagai mahkluk sosial.</p> Mochammad Naviel Sujudillah, Tibbil Qulub, Alfina Wildatul Fitriyah Copyright (c) 2024 Multidisipliner Knowledge https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/mk/article/view/94 Sun, 21 Jul 2024 00:00:00 +0000