An Namatul Ausath https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/pgmialmliki <p>An Namatul Ausath: Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Journal is an electronic journal that focuses on scientific articles on Islamic Education issues in general published by the Institut Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki Bondowo Jawa Timur, Indonesia. This journal provides an academic platform for professionals and researchers to contribute innovative work written in both English and Indonesian and published twice a year in June and December.</p> en-US Mon, 30 Dec 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Konsep Pendidikan Ibnu Khaldun Dalam Kitab Muqaddimah https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/pgmialmliki/article/view/151 <p>Ibnu Khaldun merupakan seorang sarjana muslim yang selalu berpikir dan mengembangkan konsep-konsep dan pemikiran untuk kemajuan pendidikan islam. Konsep pendidikan Islam Ibnu Khaldun terdapat dalam kitab Muqaddimah, kitab ini merupakan karya munomental dari Ibnu Khaldun. Tujuan penelitian ini untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang konsep pendidikan menurut Ibnu Khaldun dalam kitab Muqaddimah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan literatur dengan mengkaji berbagai profensi tentang konsep pendidikan Ibnu Khaldun dalam kitab Muqaddimah. Hasil penelitian menunjukkan bahwah konsep pendidikan Ibnu Khaldun dalam Kitab Muqaddimah yaitu meliputi 1. Pengertian Pendidikan: Pendidikan bukan hanya merupakan proses belajar mengajar yang dibatasi oleh empat dinding. Tetapi pendidikan merupakan suatu proses, di mana manusia secara sadar menangkap, menyerap dan menghayati peristiwa-peristiwa alam sepanjang zaman. 2. Tujuan pendidikan, peningkatan pemikiran, peningkatan kemasyarakatan, peningkatan kerohanian 3. Materi (kurikulum) terbagi menjadi dua Ilmu Aqli dan Naqli. 4. Metode pengajaran, Metode Pentahapan, pengulangan, penyesuaian fisik dan psikis, peninjauan kematangan usia, kesesuaian dengan kompetensi, penguasaan satu bidang, Rihlah, praktek/latihan.</p> Vivin Vivin Hermawati, Hepni, Dyah Nawangsari, Ubaidillah Copyright (c) 2024 An Namatul Ausath https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/pgmialmliki/article/view/151 Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0000 Tokoh Pendidikan Islam Nusantara Abdurrauf As-Singkili: Kontribusi Terhadap Pendidikan Islam https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/pgmialmliki/article/view/172 <p>Abdurrauf As-Singkili merupakan tokoh ulama dan ilmuan yang terkenal di Nusantara pada ke-17. Ia ahli dalam berbagai&nbsp; keilmuan seperti tasawuf, fikih, ilmu hadis, tafsir dan sebagainya.&nbsp; Ia juga memiliki banyak karya seperti salah satu karya monumentalnya yaitu Turjuman al-Mustafid. Tujuan penelitian ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahan tentang kontribusi Abdurrauf As-Singkili terhadap pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan literatur dengan mengkaji berbagai refrensi tentang kontribusi Abdurrauf As-Singkili terhadap pendidikan Islam. hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi Abdurrauf As-Singkili terhadap pendidikan Islam yaitu melalui mengembangkan pendidikan Islam dengan membangun lembaga pendidikan Islam dan sebagai pengajar, menyebarkan agama Islam dengan Tasawuf melalui pengajaran dan penyebaran Tariqot Syatariyah,&nbsp; serta&nbsp; karya- karya yang ditulis oleh Abdurrauf As-singkili telah memberikan dampak yang sangat besar bagi perkembangan Islam di Nusantara khusunya di wilayah Aceh.</p> Vivin Vivin Hermawati, Halim Soebahar, Noor Harisuddin, Moch. Chotib Copyright (c) 2024 An Namatul Ausath https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/pgmialmliki/article/view/172 Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0000 S STRATEGI GURU DALAM MENGATASI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA DARUNNAJAH BONDOWOSO https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/pgmialmliki/article/view/180 <p>Prokrastinasi akademik merupakan suatu kecenderungan perilaku menunda-nunda dalam hal akademik, dan apabila dibiarkan akan menghambat kesuksesan di masa depan. Maka, perlu adanya upaya strategis dari guru untuk meminimalisir perilaku prokrastinasi akademik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi perilaku prokrastinasi akademik pada peserta didik di MIS Darunnajah Bondowoso, 2) mengetahui hasil strategi guru dalam mengatasi perilaku prokrastinasi akademik pada peserta didik di MIS Darunnajah Bondowoso. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif yang menghasilkan data naturalistik berupa penjelasan bersifat alamiah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data menggunakan validitas data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) strategi guru dalam mengatasi perilaku prokrastinasi akademik pada peserta didik di MIS Darunnajah Bondowoso dilakukan melalui pemanfaatan media berbasis IT, memberikan reward dan punishmen serta intervensi kepada peserta didik, mengadakan kegiatan pembelajaran di luar kelas, melakukan ice breaking, mengajarkan peserta didik tentang skala prioritas, serta metode listening pada pembelajaran bahasa, 2) hasil strategi guru dalam mengatasi perilaku prokrastinasi akademik adalah meningkatnya antusiasme peserta didik untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, lebih mudah memahami materi, meningkatnya sikap tertib, disiplin dan tanggung jawab, serta membiasakan peserta didik untuk lebih produktif.</p> Muhammad Ikrom Karyodiputro, Farina Noer Ilal ‘Afiyah, Novinda Aisyah Bella Copyright (c) 2024 An Namatul Ausath https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/pgmialmliki/article/view/180 Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL): Studi terhadap Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran IPA di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/pgmialmliki/article/view/165 <p>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh pendekatan CTL terhadap hasil belajar kognitif<br>pada mata pelajaran IPA Kelas V di MI Miftahul Ulum Tumpeng . Penelitian ini menggunakan<br>penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Experimental dan desainnya menggunakan One<br>Group Pretest-Posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Miftahul Ulum<br>Tumpeng berjumlah 18 siswa.<br>Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh dengan sampel 18 siswa pada kelas V MI<br>Miftahul Ulum Tumpeng. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes.<br>Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan tes hasil belajar berupa pretest dan<br>posttest. Teknik analisis data menggunakan RSP dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:<br>(1) Keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan CTL termasuk kategori baik dengan skor rata-rata<br>3,4,<br>(2) Perolehan N-Gain sebesar 0,5 yang terletak pada interval 0,3 ˂ N-Gain ˂ 0,7 menunjukkan kriteria<br>sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan CTL<br>pada mata pelajaran IPA di kelas V MI Miftahul Ulum Tumpeng dinyatakan terlaksana dan terdapat<br>pengaruh pendekatan CTL terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPA di kelas V MI<br>Miftahul Ulum Tumpeng . Pada penelitian ini hanya meneliti pengaruh pendekatan CTL terhadap<br>hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPA, sehingga diharapkan penelitian selanjutnya dapat<br>memperluas penelitian dengan variabel yang lebih inovatif.</p> Ifan ali alfatani, Samsuri, Nuri Firdausiah, Fandrik Haris Setia Putra Copyright (c) 2024 An Namatul Ausath https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/pgmialmliki/article/view/165 Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0000 Pembelajaran Kolaboratif: Perspektif Riset tentang Keterampilan Sosial dan Kinerja Akademis https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/pgmialmliki/article/view/173 <h1>Penelitian ini berfokus pada pentingnya pembelajaran kolaboratif dalam dunia pendidikan modern sebagai solusi untuk mengembangkan keterampilan sosial seperti komunikasi, empati, dan kerja sama, sekaligus meningkatkan kinerja akademis siswa. Berbasis metode penelitian kepustakaan, studi ini menganalisis berbagai literatur untuk menggali hubungan antara pembelajaran kolaboratif, keterampilan sosial, dan hasil akademis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kolaboratif berkontribusi pada peningkatan keterampilan sosial dan kepercayaan diri siswa, sekaligus memfasilitasi pemahaman akademis yang lebih baik. Namun, tantangan dalam implementasi pembelajaran kolaboratif, seperti kesiapan guru dan pengelolaan kelompok, tetap perlu diatasi. Studi ini merekomendasikan pelatihan dan dukungan bagi pendidik untuk mengoptimalkan penerapan pembelajaran kolaboratif. Dengan pendekatan ini, institusi pendidikan dapat lebih efektif mempersiapkan siswa untuk dunia kerja yang kompetitif dan kolaboratif.</h1> ERFAN HABIBI, Moh Sahlan; Mashudi, Mundir Rosyidi Copyright (c) 2024 An Namatul Ausath https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/pgmialmliki/article/view/173 Mon, 30 Dec 2024 00:00:00 +0000