problematika perkembangan sains dan dampaknya terhadap pendidikan islam

sains dan islam

Authors

  • MOCHAMMAD NAVIL SUJUDILLAH Navil Stis nurul qarnain
  • TIBBIL QULUB QULUB stis nurul qarnain
  • Alfina Wildatul Fitriyah STIS Nurul Qarnain

Keywords:

perkembangan sains, problematika sains, pendidikan islam

Abstract

Abstrak. Perkembangan sains saat ini dirasa mengarah kepada kehidupan manusia di
posisi yang paling tinggi. Tidak dipungkiri perseteruan antara agama dan sains
merupakan isu klasik yang sampai saat ini masih berkembang di dunia Barat dalam
wujud sekularisme. Tetapi, Islam tidak mendekati persoalan sains ini dari perspektif
tersebut karena al-Qur’an dan al-Sunnah telah memberikan sistem yang lengkap dan
2 Problematika Perkembangan Sains Dan Dampaknya Terhadap Pendidikan Islam
Navielsjd18@gmail.com
sempurna yang mencakup semua aspek kehidupan manusia, termasuk kegiatan-kegiatan
ilmiah atau penyelidikan-penyelidikan ilmiah yang merupakan bagian integral dari
keseluruhan sistem Islam dimana masing-masing bagian memberikan sumbangan
berupa Pengetahuan manusia secara menyeluruh yang didasarkan pada rasionalisasi
untuk menentukan segala-galanya, dan bukan lagi menyertakan nilai-nilai intrinsik
yang bercermin pada diri manusia. Perkembangan sains hendaknya harus tetap
memiliki tujuan dan cita-cita hidup manusia, dan bukan menjadi perusak. selain itu
perkembangansains hendaknya terus berjalan dengan segala resikonya. Dan yang perlu
diperbaiki adalah penanaman nilai agar terjaga keseimbangan, agar sains yang akan
terus berkembang ini dapat memberikan manfaat dan tidak mengancam manusia sebagai
mahkluk sosial

References

Dr. Ali 1996. Horison Baru Pendidikan Islam. Pustaka

Firdaus Asril, 2017. Fitrah Manusia dan Pendidikan Islam At-Ta’lim, Vol. 16, Bakhtiar,

Amsal 2013. Filsafat Ilmu. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1991.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Frimayanti,Ade Imelda. 2017, Implementasi Pendidikan

Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam, Al-Tadzkiyyah : Jurnal Pendidikan Islam,

Volume 8 No. II Hardiman, F. Budi. 2012.

Melampaui Positivisme dan Modernitas: Kanisius, Yogyakarta

Iqbal, Muhammad 2011. Ibn Rusyd & Averroisme, Pemberontakan Terhadap

Agama,: Cita pustaka Media Perintis, Bandung

Jalaluddin. Psikologi Agama. 2001: PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Khalaf, Abdul Wahab Ilmu Ushul Fiqih, 1972: Al-Majelis Al-A’la Al-Indonesia Li AlDakwah Al-Islamiyah, Jakarta

Madkoer, Ibrahim 1986. Filsafat Islam dan Renesans Eropa. Cet. I. Pustaka,

Bandung

Downloads

Published

2024-07-12

How to Cite

Navil, M. N. S., QULUB, T. Q., & Alfina Wildatul Fitriyah, A. W. F. (2024). problematika perkembangan sains dan dampaknya terhadap pendidikan islam: sains dan islam. Multidisiplin Ilmu, 1(2), 01–11. Retrieved from https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/multidisiplinilmu/article/view/92

Issue

Section

Articles