Implementasi Akad Mudharabah Muthlaqah Pada Produk Tabungan Sahara (Simpanan Haji dan Umrah) Di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Sepulu

Authors

  • Dewi Hidayati STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan
  • Soimah STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan

Keywords:

Tabungan Sahara, Akad Mudharabah Muthlaqah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi akad mudharabah muthlaqah pada produk tabungan sahara di KSPPS BMT NU Jawa Timur cabang Sepulu dan untuk mengetahui sistem bagi hasil akad mudharabah muthlaqah pada produk tabungan sahara di KSPPS BMT NU Jawa Timur cabang Sepulu. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala cabang BMT NU, karyawan BMT NU dan nasabah tabungan sahara BMT NU. Metode penelitian datanya dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini Tabungan sahara diawali dengan pembukaan rekening tabungan sahara dengan membayar biaya administrasi sebesar Rp.30.000 dan untuk setoran awal hanya Rp.100.000 sedangkan untuk setoran selanjutnya sesuai kemampuan nasabah tidak dibatasi. Akad yang digunakan dalam tabungan sahara ini menggunakan akad mudharabah muthlaqah yang mana ada pihak yang memberikan sejumlah modalnya agar dikelola oleh mudharib tanpa batasan syarat tertentu. Pembagian hasil dalam tabungan sahara ini dilakukan dalam 1 bulan sekali dari laba pendapatan BMT NU. Shahibul maal mendapatkan 65% sedangkan mudharib mendapatkan 35%. Namun hasilnya tergantung laba dari BMT NU jika pendapatan tiap bulannya besar maka bagi hasil tabungan sahara juga semakin besar, begitu pula sebaliknya

References

REFERENSI

Argarini, G. M. (2023). Praktik Jual Beli Bahan Bangunan Dengan Sistem Pembayaran Tempo (Istijrar) Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 5(2), 120-137.

Al hadi, Abu, Azam. (2017). Fikih Muamalah Kontemporer. Depok:PT.Raja Grafindo Persada

Idris, Muhamad. (2020). Apakah BankSyariah Ikut Menanggung Rugi dalam Skema Bagi Hasil. Jakarta: breaking news.

Kartiko, Ari. (2019). Konsep Bagi Hasil Dalam Perspektif Islam. Mojokerto: Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto.

Mastur, M., Khotib, A. M., & Illiyah, L. (2023). Analisis Transaksi Digital Simpanan Santri Pondok Pesantren Nurul Cholil Dalam Perspektif Islam. Ekosiana Jurnal Ekonomi Syari ah, 10(2), 83-93.

Marhamah, Ismayana, (2017), Tingkat Bagi Hasil Pertumbuhan Likuiditas, Dan Produk Domestik Bruto Terhadap Simpanan Mudharabah, ALLIRBAN:Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam, 1(1).

Millah, H & Hasanah, U (2021). Implementasi Nisbah bagi Hasil Produk Tabungan Mabrur melalui Akad Mudharabah Mutlaqah dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Kc Lumajang). Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 7 (1), 91-103

Muhammad. (2018). Bisnis Syariah Transyaksi dan pola pengikatannya. Depok: PT.Raja Grafindo Persada.

Priyanti, Yeyen. (2021) Analisis Mekanisme Penghimpunan Dana Tabungan Haji Dengan Akad Wadi’ah Pada BSI KCP Palembang Merdeka. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 1(2).

Soemitra, Andri. (2017). Bank & Lembaga Keuangan Syariah. Depok: Kencana.

Sofhian (2016). Pemahaman Fiqhi Terhadap Mudharabah (Implementasi Pembiayaan Pada Perbankan Syariah). Jurnal Al-‘Adl, 9 (2), 77-88.

Sugiono. 2015. Metode Penelitian Kuantitati, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susana, E & Prasetyanti, A (2011), Pelaksanaan Dan Sistem Bagi Hasil Pembiayaan Al-Mudharabah Pada Bank Syariah, Jurnal Keuangan dan Perbankan, 15 (3)

Wulandari, P & Harahap, P.H. (2023). Penerapan Akad Mudharabah Pada Produk Tabungan Haji di Bank Syariah Indonesia KCP Medan Juanda. COMSERVA: (Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat), 2 (09), 1761-1767.

Yuliana, Rita (2012). Dominasi Akad Murabahah Pada Praktik Penyaluran Dana di Bank Syariah. Akuntanbilitas: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Akutansi, 6(2), 74-96.

Downloads

Published

2024-09-06

How to Cite

Hidayati, D. ., & Soimah. (2024). Implementasi Akad Mudharabah Muthlaqah Pada Produk Tabungan Sahara (Simpanan Haji dan Umrah) Di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Sepulu. AT TIRMIDZI, 1(1), 25–35. Retrieved from https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/ekonomisyariah/article/view/100

Issue

Section

Articles