Analisis Optimalisasi Produksi Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Pedagang Kaki Lima Perspektif Bisnis Islam

Authors

  • Indri Paramithasari STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan
  • Khodijah STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan

Keywords:

Optimalisasi, Produksi, Jumlah Penjualan

Abstract

Optimalisasi produksi merupakan cara bagaimana melakukan produksi agar mneggunakan faktor-faktor produksi se efesien mungkin. Yakni bagaimana cara penerapan pedagang kaki pada proses produksinya agar produksinya tetap optimal dalam meningkatkan jumlah penjualannya nemun tidak merugikan orang lain karena optimalisasi produksi bukanlah bentuk kecurangan produksi tetapi pemakaian bahan produksi secara koefisien. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan optimalisasi produksi yang dilakukan oleh pedagang kaki lima Stadion Gelora Bangkalan dalam meningkatkan jumlah penjualannya baik secara perekonomian maupun perspektif bisnis Islam. Penelitian ini kualitatif, subjek penelitian ini adalah pedagang kaki lima stadion gelora Bangkalan. Metode pengumpulan data dengan melakukan wawancara,observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan pertama optimalisasi produksi dalam meningkatkan penjualan pedagang kaki lima dengan menghemat bahan dan menekan yang dipakai dalam produksi hal ini banyak diterapkan oleh pedagang kaki lima dalam proses produksinya tanpa merugikan pihak kedua yaitu pihak pembeli. Kedua, optimalisasi produksi dalam meningkatkan jumlah penjualan pedagang kaki lima sudah ada yang sesuai dengan bisnis Islam. Dimulai dari bahan dan biaya produksi yang halal, pemasaran penjualan pemasaran pedagang kaki lima menurut perilaku produksi dalam Islam. Tetapi ada pula pedagang kaki lima yang kurang tepat dalam menerapkan optimalisasi produksi perspektif bisnis Islam.

References

REFERENSI

Adiwarman. (2017a). Ekonomi Mikro Islam. PT. Rajagrafindo.

Adiwarman. (2017b). Ekonomi Mikro Islam. PT. Rajagrafindo.

Alhababy, A. M. (2016). 済無No Title No Title No Title. 14(5), 1–23.

Apriyanto, I. dkk. (2020). Etika Dan Konsep Manajemen Bisnis Islam. CV. Budi Utama.

Bukhari, S. (1966). Maktabah Syamilah: Shahih Bukhari.

Departemen Agama RI. (2011). Al Qur’ An Dan Terjemahan. Duta Surya.

Herdiana, N. A. (2013). Manajemen Bisnis Syariah Dan Kewirausahaan. CV. Pustaka Setia.

Hidayat, L., & Halim, S. (2013). Analisis Biaya Produksi Dalam Meningkatkan Profitabilitas Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(2), 159–168. https://doi.org/10.37641/jimkes.v1i2.263

Mastur, M., Khotib, A. M., & Illiyah, L. (2023). Analisis Transaksi Digital Simpanan Santri Pondok Pesantren Nurul Cholil Dalam Perspektif Islam. Ekosiana Jurnal Ekonomi Syari ah, 10(2), 83-93.

Muhamad. (2018). Bisnis Syariah Transaksi Dan Pola Pengikatannya. PT. Rajagrafindo.

Muhamad. (2019). Pengantar Bisnis Syariah. UPP STIM YKPN.

Muhammad agus, H. (2021). Tenaga Kerja Dan Tingkat Produksi Menggunakan Analisis Marginal Produksi. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(02), 35–46. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i02.1530

Mujahidin, A. (2014). Aktifitas Produksi dalam Perspektif Ekonomi Islam. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 3(2), 77. https://doi.org/10.15642/islamica.2009.3.2.77-89

Putri, A. G. P., Lilianti, E., & Putra, P. S. (2022). Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Volume Penjualan pada Perusahaan Subsektor Rokok yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi, 14(2), 187–197.

Rattu, P. N., Pioh, N. R., & Sampe, S. (2022). Optimalisasi Kinerja Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan dalam Perencanaan Pembangunan (Studi di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Minahasa). Jurnal Governance, 2(1), 1–9.

Sabil, A. (2023). ANALISIS STRATEGI PROMOSI BISNIS DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI TOKO AL-FIRDAUS PONDOK PESANTREN SYAICHONA MOH. CHOLIL BANGKALAN. Al-Idarah: Jurnal Manajemen dan Bisnis Islam, 4(1), 113-137.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan RnD. Alfabeta.

Sunyoto, D. dkk. (2016). Etika Bisnis. PT. Buku Seru.

Yanti, I., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 1–13.

Downloads

Published

2024-09-06

How to Cite

Paramithasari, I., & Khodijah, K. (2024). Analisis Optimalisasi Produksi Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Pedagang Kaki Lima Perspektif Bisnis Islam. AT TIRMIDZI, 1(1), 11–24. Retrieved from https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/ekonomisyariah/article/view/101

Issue

Section

Articles