Pemberdayaan Pengembangan Karakter: Studi tentang Pendidikan Islam Transformasional di Pesantren

Authors

  • Musyaffa Raffiqie Universitas Ibrahimy
  • erfan habibi Institut Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki Bondowoso

Keywords:

Pengembangan Karakter, Pendidikan Transformasional, Pesantren

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana pendidikan Islam transformasional di pesantren dapat memberdayakan pengembangan karakter santri. Masalah yang diangkat mencakup tantangan dalam implementasi nilai-nilai karakter dalam kurikulum pesantren dan dampaknya terhadap perkembangan pribadi santri. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus di beberapa pesantren di Indonesia, di mana wawancara dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam yang berbasis pada nilai-nilai transformasional tidak hanya meningkatkan aspek spiritual, tetapi juga membentuk karakter santri yang lebih baik, dengan data menunjukkan 75% santri mengalami peningkatan dalam sikap sosial dan etika setelah mengikuti program pendidikan karakter di pesantren. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang lebih efektif dalam membentuk karakter generasi muda.

References

Achjar, K. A. H., Rusliyadi, M., Zaenurrosyid, A., Rumata, N. A., Nirwana, I., & Abadi, A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Aini, N. K., & ST, S. P. I. (2021). Model Kepemimpinan Transformasional Pondok Pesantren. Jakad Media Publishing.

Apiyah, A., & Suharsiwi, S. (2021). Pendidikan Karakter Santri Di Pondok Pesantren Studi Kasus Di Pesantren Al Ihrom Jakarta Barat. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2021.

Ardiansyah, D., & Basuki, B. (2023). Implementasi nilai-nilai kesalehan sosial di pondok pesantren dalam menghadapi era society 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 64–81.

Asdlori, A. (2023). Pendidikan islam sebagai pilar pembangunan berkelanjutan: peran sistem pendidikan pesantren dalam implementasi SDGs. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(1), 124–130.

Atikah, I. I. F. (2019). Implementasi pendidikan karakter di pondok modern Darussalam Gontor Ponorogo. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Ponorogo, April, 1328.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2020). Statistik Indonesia 2020. https://www.bps.go.id/id/publication/2020/04/29/e9011b3155d45d70823c141f/statistik-indonesia-2020.html

Bandura, A. (2023). Social cognitive theory: An agentic perspective on human nature. John Wiley & Sons.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Fahham, A. M. (2020). Pendidikan pesantren: pola pengasuhan, pembentukan karakter, dan perlindungan anak. Publica Institute Jakarta.

Fatmawati, E., & Pd, M. (2015). Profil Pesantren Mahasiswa; Karakteristik Kurikulum, Desain Pengembangan Kurikulum, Peran Pemimpin Pesantren. LKIS Pelangi Aksara.

Gumilang, R., & Nurcholis, A. (2018). Peran pondok pesantren dalam pembentukan karakter santri. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(3), 42–53.

Haeruddin, H., Rama, B., & Naro, W. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren An-Nurîyah Bonto Cini’Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(1), 60–73.

Kemendikbud. (2020). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–129. https://dikti.kemdikbud.go.id/

Lina, R. (2019). Pendidikan akhlak dalam islam. CV. Pilar Nusantara.

Marhamah, M., Lutfhi, A., Nahuda, N., & Rasyid, M. H. (2023). Penyuluhan Edukatif “Penguatan Nilai Karakter Bagi Pembentukan Kepribadian Di Pondok Pesantren Tahfidz Mazro’atul Lughoh Pare Kediri Jawa Timur.” Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(5), 516–522.

Mukhlis, M., Rasyidi, A., & Husna, H. (2024). Tujuan Pendidikan Islam: Dunia, Akhirat Dan Pembentukan Karakter Muslim Dalam Membentuk Individu Yang Berakhlak Dan Berkontribusi Positif. AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1–20.

Nashihin, H. (2017). Pendidikan karakter berbasis budaya pesantren. Formaci.

Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun kualitas pendidikan di Indonesia dalam mewujudkan program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145–6154.

Saputro, M. N. A., & Pakpahan, P. L. (2021). Mengukur keefektifan teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(1), 24–39.

Siminto, S., Majdi, M., Hardiansyah, A., Rofi’i, A., & Gazali, A. (2024). PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK: MENGEMBANGKAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN KOLABORATIF. TARBIYATUL ILMU: Jurnal Kajian Pendidikan, 2(2), 104–115.

Sumantri, B. A., & Ahmad, N. (2019). Teori Belajar humanistik dan Implikasinya terhadap pembelajaran pendidikan agama islam. Fondatia, 3(2), 1–18.

UNESCO. (2020). Global Education Monitoring Report. https://gem-report-2020.unesco.org/

Wahid, A. R., & Prasetiya, B. (2024). PERAN MODEL KETELADANAN PENGASUH PONDOK PESANTREN AL IHSAN TERHADAP AKHLAK SANTRI. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 233–250.

Yasid, A. (2018). Paradigma baru pesantren. IRCiSoD.

Zuhal, M., & Wathon, A. (2019). Membangun Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Kegiatan Bermain Alat Permainan Edukatif. Sistim Informasi Manajemen, 2(1), 136–160.

Downloads

Published

2025-08-11

Issue

Section

Articles