Efektivitas Nobar Film Arabiy Untuk Meningkatkan Maharah Kalam Santri Pondok Pesantren ALBERR
Keywords:
Efektivitas, Bahasa arab, Film ArabyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas nonton bareng film Arabiy dalam meningkatkan
kemampuan berbicara (maharah kalam) para santri Pondok Pesantren Al Berr yang sedang belajar
bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
preexperiment. Satu kelompok subjek yang terdiri dari 15 santri kelas Tsanawi Madin Riyadlatul Uqul
Pondok Pesantren Al Berr Pandaan diberikan pre-test sebelum perlakuan dan post-test setelah perlakuan.
Data dikumpulkan melalui wawancara dan tes. Analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji
hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test, rata-rata nilai pre-test adalah 59,0, sedangkan rata-rata
nilai post-test adalah 81,67. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Sig. = 0,000 < a = 0,05. Dapat
disimpulkan bahwa efektivitas nonton bareng film Arabiy memiliki pengaruh yang signifikan dalam
meningkatkan maharah kalam santri di kelas Tsanawi Pondok Pesantren Al Berr
References
Anonim. “Rumus Paired Sample” (2019): 25–32.
Djamaluddin, Ahdar, and Wardana. Belajar Dan Pembelajaran. CV Kaaffah Learning Center, 2019.
Fitri, Riskal. “Pesantren Di Indonesia Lembaga Pembentukan Karakter, Jurnal Kajian Pendidikan Islam,
Vol.2, No.1” 2, no. 1 (2022): 186.
Heryana, Ade. “Analisis Data Penelitian Kuantitatif.” Penerbit Erlangga, Jakarta, no. June (2020): 1–11.
Juliansyah, Eris. “Strategi Pengembangan Sumber Daya Perusahaan Dalam Meningkatkan Kinerja PDAM
Kabupaten Sukabumi.” Jurnal Ekonomak 3, no. 2 (2017): 19–37.
Jurnal, Rumah, and Iain Metro. “Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab” 20, no. 01 (2018).
Kumar, T. M. Vinod. “Efektifitas Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan
Berbahasa Arab Peserta Didik Kelas XI Mipa Madrasah Aliyah Di Kanang Kab. Polman.” Journal of
Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2019): 1689–1699.
Miftachul Taubah. “Menciptakan Bi’ah ‘Arabiyah Di Lingkungan Universitas Yang Multikultural.” Studi
Arab 8, no. 2 (2017): 117–126.
Miftachul Taubah, and Muhammad Nur Hadi. “Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Maharah
Kalam.” Jurnal Mu’allim 2, no. 1 (2020): 57–65.
Nasution, Wahyudin Nur. Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing., 2017.
Nur, Ust. “Hasil Observasi Di Pondok Pesantren ALBERR” (n.d.).
Pendahuluan, A, and Bahasa Arab. “STRATEGI PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM BAGI NON
ARAB” (n.d.): 227–233.
Puspasari, Heny, and Weni Puspita. “Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat
Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa.” Jurnal Kesehatan 13, no. 1 (2022): 65.
Sampurna, I Putu, and Tjokorda Sari Nindhia. “Metodologi Penelitian Dan Karya Ilmiah” (2018): 1–44.
Sapti, Mujiyem. “Kajian Penelitian Terdahulu, Landasan Teori Dan Hipotesis A.” Kemampuan Koneksi
Matematis (Tinjauan Terhadap Pendekatan Pembelajaran Savi) 53, no. 9 (2019): 1689–1699.
Suparyanto dan Rosad (2015. Suparyanto dan Rosad) 2015 5, no. 3 (2020): 248–253.
Syamsuryadin, Syamsuryadin, and Ch. Fajar Sri Wahyuniati. “Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen
Penelitian Kuantitatif.” Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi) 13, no. 1 (2017): 53–59.
Syarifah, Syarifah. “Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner.” SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu
Pendidikan 2, no. 2 (2019): 176–197.
Syarifuddin, and Sa’adah Nikmatus. Pengembangan Evaluasi, Penilaian Dan Tes Dalam Pembelajaran
BAHASA ARAB. CV. ALIF GEMILANG PRESSINDO, 2021.
Dini, J.P.A.U., 2022. Critical Discourse Analysis in the Classroom: A Critical Language Awareness on Early
Children’s Critical Thinking. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), pp.4992-5002.
METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF, n.d.