Pendidikan Islam dan Penguatan Moderasi Beragama: Peran dan Tantangan dalam Konteks Global

Authors

  • mohammad yahya uinkhas jember
  • Halim Soebahar UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Moh. Chotib UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Muhammad Noor Harisuddin UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.64431/edushopia.v2i1.205

Keywords:

Islamic Education, Religious Moderation, global challenges

Abstract

This research aims to examine the role and challenges of Islamic education in strengthening religious moderation through a literature review. The main focus of the research is to explore how Islamic education can contribute to strengthening religious moderation amidst increasingly complex global dynamics. Based on literature analysis, it was found that Islamic education plays an important role in building tolerance, respecting differences, and promoting peace. However, its implementation in various countries faces challenges, such as extremism and a narrow understanding of religion. This research concludes that Islamic education must be updated to respond to the challenges of globalization and encourage more inclusive and universal religious moderation

References

Antasari, Hasni Noor. 2023. “Pendidikan Agama Islam Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum Di Banjarmasin.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 17(2):45–55.

Dr. Juwaini, M.Ag, dkk. 2023. “Moderasi Beragama Dalam Masyarakat Multikultural.” BANDA ACEH: Bandar Publishing.

Fahri, Muhammad. Ahmad Zainuri. 2019. “Moderasi Beragama Di Indonesia.” Intizar 25(2):95–100.

Fales, Suimi. 2022. “Moderasi Beragama: Wacana Dan Implementasi Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara Di Indonesia.” Jurnal Manthiq VII(2):221–29.

Hasan, Mustaqim. 2021. “Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa.” Jurnal Mubtadiin 7(2):111–23.

Jhon, W, Creswell. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Vol. 94. 3rd ed. pustka pelajar.

Liando, Mayske Rinny, and Hadirman. 2022. “Praktik Kultur Moderasi Beragama Dalam Lembaga Pendidikan Muhammadiyah (Studi Di SMA Muhammadiyah Manado).” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11(1):379–92. doi: 10.30868/ei.v11i01.2089.

Mohamad, Sandra, Kasim Yahiji, Zohra Yasin, and Lukman Arsyad. 2023. “Internalisasi Moderasi Beragama Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Di Smpn 8 Satap Telaga Biru.” Inspiratif Pendidikan 12(2):336–46. doi: 10.24252/ip.v12i2.38719.

Muaz, Muaz, and Uus Ruswandi. 2022. “Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(8):3194–3203. doi: 10.54371/jiip.v5i8.820.

Najmi, Hayatun. 2023. “Pendidikan Moderasi Beragama Dan Implikasinya Terhadap Sikap Sosial Peserta Didik.” Jurnal Ilmiah Al-Muttaqin 9(1):17–25. doi: 10.37567/al-muttaqin.v9i1.2067.

Syahri, Akhmad. 2021. Moderasi Islam Konsep Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. 1st ed. mataram: uin mataram pers.

Antasari, Hasni Noor. 2023. “Pendidikan Agama Islam Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum Di Banjarmasin.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 17(2):45–55.

Dr. Juwaini, M.Ag, dkk. 2023. “Moderasi Beragama Dalam Masyarakat Multikultural.” BANDA ACEH: Bandar Publishing.

Fahri, Muhammad. Ahmad Zainuri. 2019. “Moderasi Beragama Di Indonesia.” Intizar 25(2):95–100.

Fales, Suimi. 2022. “Moderasi Beragama: Wacana Dan Implementasi Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara Di Indonesia.” Jurnal Manthiq VII(2):221–29.

Hasan, Mustaqim. 2021. “Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa.” Jurnal Mubtadiin 7(2):111–23.

Jhon, W, Creswell. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Vol. 94. 3rd ed. pustka pelajar.

Liando, Mayske Rinny, and Hadirman. 2022. “Praktik Kultur Moderasi Beragama Dalam Lembaga Pendidikan Muhammadiyah (Studi Di SMA Muhammadiyah Manado).” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11(1):379–92. doi: 10.30868/ei.v11i01.2089.

Mohamad, Sandra, Kasim Yahiji, Zohra Yasin, and Lukman Arsyad. 2023. “Internalisasi Moderasi Beragama Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Di Smpn 8 Satap Telaga Biru.” Inspiratif Pendidikan 12(2):336–46. doi: 10.24252/ip.v12i2.38719.

Muaz, Muaz, and Uus Ruswandi. 2022. “Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(8):3194–3203. doi: 10.54371/jiip.v5i8.820.

Najmi, Hayatun. 2023. “Pendidikan Moderasi Beragama Dan Implikasinya Terhadap Sikap Sosial Peserta Didik.” Jurnal Ilmiah Al-Muttaqin 9(1):17–25. doi: 10.37567/al-muttaqin.v9i1.2067.

Syahri, Akhmad. 2021. Moderasi Islam Konsep Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. 1st ed. mataram: uin mataram pers.

Downloads

Published

2025-01-08

How to Cite

yahya, mohammad, Halim Soebahar, Moh. Chotib, and Muhammad Noor Harisuddin. 2025. “Pendidikan Islam Dan Penguatan Moderasi Beragama: Peran Dan Tantangan Dalam Konteks Global”. EDUSHOPIA : Journal of Progressive Pedagogy 2 (1):127-35. https://doi.org/10.64431/edushopia.v2i1.205.

Issue

Section

Articles