Efektifitas Penggunaan Media LCD Projector terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI di MAN Negara Jembrana Bali

Efektifitas Penggunaan Media LCD Projector terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI di MAN Negara Jembrana Bali

Authors

  • Nur halimah Institut agama islam ibrahimy
  • Ifan Ali Alfatani Sekolah Tinggi Agama Islam Sayid Alawi Al Maliki

Keywords:

Media Pembelajaran, LCD Projector, Motivasi Belajar

Abstract

Bahasa Arab memiliki peran yang sangat penting sebagai bahasa agama dalam konteks keislaman, terutama karena Al-Qur'an Al-Karim dan sumber-sumber utama agama Islam ditulis dalam bahasa Arab. Bahasa ini juga digunakan secara resmi dalam forum-forum internasional seperti Sidang Umum PBB. Meskipun pembelajaran bahasa Arab mengalami perkembangan pesat, masalah muncul terutama dalam penguasaan kosakata bahasa Arab, terutama bagi siswa tanpa dasar bahasa Arab sebelumnya. Penelitian ini mencermati strategi dan metode pembelajaran bahasa Arab dengan fokus pada penguasaan kosakata (mufradât). Kesulitan pemahaman materi oleh siswa, terutama yang tidak memiliki dasar bahasa Arab, menjadi perhatian serius. Oleh karena itu, penelitian ini mencari solusi untuk memudahkan proses belajar mengajar, khususnya dalam hal penguasaan kosakata bahasa Arab. Dalam konteks ini, media pembelajaran, khususnya LCD Projector, dianggap sebagai alat yang dapat membantu efektivitas pembelajaran bahasa Arab. Penggunaan LCD Projector dengan laptop sebagai sumber programnya memiliki kelebihan praktis, kemungkinan interaksi tatap muka, variasi teknik penyajian yang menarik, dan fleksibilitas dalam penggunaan warna, animasi, serta hyperlink. Namun, terdapat juga beberapa kelemahan seperti biaya pengadaan yang tinggi dan ketergantungan pada perangkat keras. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan mengevaluasi keefektifan penggunaan LCD Projector terhadap motivasi belajar. Kelebihan media ini, seperti kemampuan untuk menarik perhatian siswa, menyajikan informasi dalam format yang menarik, dan meningkatkan interaktivitas, menjadi faktor penting dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Dalam kesimpulannya, penelitian ini menyoroti pentingnya manajemen yang baik dalam penggunaan media pembelajaran, khususnya LCD Projector, untuk mencapai efektivitas dalam motivasi belajar siswa. Pemahaman kriteria keefektifan media, biaya, ketersediaan fasilitas, dan dampak yang dihasilkan menjadi pertimbangan utama dalam pemilihan dan implementasi media pembelajaran.

References

A.H, Sanaky, Hujai.2013. Media Pembelajaran Interaktif Inovatif. Yogyakarta : Kaukaba Depantrea

A. Partanto, Dius dan M. Dahlan Al Barr.Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola

Arikunto,Suharsimi, 2012. Prosedur Penelitian Sebuah Pendekatan Dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar, 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo

Bunjin, Burhan, 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana

Djamarah, Saiful Bahri, 2005. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaktif Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Fathurrahman, Pupuh dan M Subary Sutikno, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung PT Rafika Aditama

Hadi, Sutrisno, 1989. Metodologi Research. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM.

Hamalik, Oemar, 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hamdani.2013. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Hermawan, Acep, 2011, Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung : PT Raja Rosda Karya

http,/kbbi web.id/ 26 Feb 2014 jam 09:00

Izzan, Ahmad, 2011.Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung : Humaniora

Makruf, Imam, 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif. Semarang : Needs Press

Mujib, Fathul dan Nailu, Rahmawati, 2012. Metode Permainan Edukatif Dalam Belajar Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press

Mudjono, Dimyati, 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Reneke Aksara

Nasution, 1989. Metodelogi Research. Bandung: Jemars

Nasution, 2005. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Kasara

Nuha, Ulin, 2012. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rafindo Persada

Raharjo, 1998. Media Pendidikan Semarang: Tarbiyah

Reid, Gafid. Penerjemah Hartati Widyatuti. Memotivasisiswa Di Kelas Gagasan Dan Strategi

Syukur NC, Fatah, 2008. Teknologi Pendidikan. Semarang: Rasaail Media

Sudjana, Nana, 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algerindo

Sudjono, Anas, 2012. Pengukur Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada

Sugiono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sukardi, 2004. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Suprijono, Agus, 2012. Comperative Learning, Teori Dan Aplikatif Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Taufik, 2012. Pembelajaran Bahasa Arab MI (Metode Aplikatif dan Enovatif Berbasis ICT) Surabaya: DMN Surabaya

Unu, Hamzah, 2012. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Winasuni, Tulus, 2006. Statistik Dalam Psikologi Dan Pendidikan. Malang: UMM Press

Zain, Aswa dan Saiful Bahri Djamah, 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Zainuddin, Riedjiah, dkk, 2005. Metodologi Dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pustaka Rihlah Grup

Downloads

Published

2024-07-19

How to Cite

Nur halimah, & Ali Alfatani, I. (2024). Efektifitas Penggunaan Media LCD Projector terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI di MAN Negara Jembrana Bali: Efektifitas Penggunaan Media LCD Projector terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI di MAN Negara Jembrana Bali. EDUSHOPIA : Journal of Progressive Pedagogy, 1(1), 53–64. Retrieved from https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/pai/article/view/98

Issue

Section

Articles