Konsep Pendidikan Ibnu Khaldun Dalam Kitab Muqaddimah
DOI:
https://doi.org/10.64431/annamatulausath.v2i2.151Keywords:
Konsep Pendidikan, Ibnu Khaldun, Kitab MuqaddimahAbstract
Ibnu Khaldun merupakan seorang sarjana muslim yang selalu berpikir dan mengembangkan konsep-konsep dan pemikiran untuk kemajuan pendidikan islam. Konsep pendidikan Islam Ibnu Khaldun terdapat dalam kitab Muqaddimah, kitab ini merupakan karya munomental dari Ibnu Khaldun. Tujuan penelitian ini untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang konsep pendidikan menurut Ibnu Khaldun dalam kitab Muqaddimah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan literatur dengan mengkaji berbagai profensi tentang konsep pendidikan Ibnu Khaldun dalam kitab Muqaddimah. Hasil penelitian menunjukkan bahwah konsep pendidikan Ibnu Khaldun dalam Kitab Muqaddimah yaitu meliputi 1. Pengertian Pendidikan: Pendidikan bukan hanya merupakan proses belajar mengajar yang dibatasi oleh empat dinding. Tetapi pendidikan merupakan suatu proses, di mana manusia secara sadar menangkap, menyerap dan menghayati peristiwa-peristiwa alam sepanjang zaman. 2. Tujuan pendidikan, peningkatan pemikiran, peningkatan kemasyarakatan, peningkatan kerohanian 3. Materi (kurikulum) terbagi menjadi dua Ilmu Aqli dan Naqli. 4. Metode pengajaran, Metode Pentahapan, pengulangan, penyesuaian fisik dan psikis, peninjauan kematangan usia, kesesuaian dengan kompetensi, penguasaan satu bidang, Rihlah, praktek/latihan.
References
Abdurrahman bin Muhammad bin Khaldun, Al-Allamah. 2001. Mukaddimah Ibnu Khaldun (Terjemahan), Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar
Afifah, Nur. 2012. Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Pendidikan, Naskah Publikasi: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammaddiyah Surakarta
Almanaf. 2020. Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Dunia Modern, Jurnal Tarbawi, Vol. 17 No.1 2020, 36
Arifin, Yanuar. 2018. Pemikiran-Pemikran Emas Para Tokoh Pendidikan Islam Dari Klasik Hingga Modern, Yogyakarta: IRCiSod
Bagas Nova Saputra, Enggal, Saiddaeni, Raha Bistara. 2024. Ibnu Khaldun dan Pendidikan: Telaah atas Al-Muqaddimah, FiTUA: Jurnal Studi Islam, Vol.5 No. I
Haddad, Khalid. 2009. 12 Tokoh Pengubah Dunia, Depok: GEMA INSANI
Ismail, Husni. 2022. Tuhan, Manusia dan Masyarakat Perspektf Ibnu Khaldun, Jurnal Kajian Keislaman Vo. 9 No. 2
Karimuddin, Fahmi. 2019. Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Perspektif Pendidikan, Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2
Komarudin. 2022. Pendidikan Perspektif Ibnu Khaldun, PANDAWA: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah Volume 4, Nomor 1
Kosim, Muhammad. 2015. Pemikiran Pendidikan Ibn Khaldun dan Relevansinya Dengan Sisdiknas, Jurnal Tarbiyah, Vol. 22 No.2
Majid, Ach. Nur Holis & Nur Lathifah Aini, Analisis Pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Khaldun Perspektif Modern, Journal Of Islamic Studies, Vol. 5 No.1 2020
Mannan, Abdul & Atiqullah. 2023. Kontribusi Pemikiran Ibnu Khaldun Terhadap Kontruksi Pendidikan Agama Islam, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 5 Nomor 2
Maryam.2012. Kontribusi Ibnu Khaldun Dalam Histografi Islam, Jurnal: THAQAFIYYAT, Vol. 13 No. 1
Nur Yasrin Hindayanti, Primasti. 2022. Miftahus Sa’diyah, Moh. Buny Andaru Bahy, Pendidikan dalam Perspektif Ibnu Khaldun, Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam Volume 23, No. 2
Putra, Roni, Sri Murhayati, M. Nazir. 2023. Al-Muqaddimah Ibn Khaldun: Hubungan Pendidikan Dan Peradaban Islam, Journal on Education, Volume 06, No. 01
Saefuddin, Muhammad Fitriadi. 2024. Pendidikan Islam Dalam Perspektif Ibnu Khaldun dan Relevansinya Dengan Kurikulum Merdeka, Vol. 6 No. 2
Safira, Ibrah. 2024. Filsafat Pendidikan Ibnu Khaldun:Relevansi dalam Konteks Pendidikan Modern, Vol 2
Tuhfatul Unsi, Baiq. 2018. Konsep Metoe Pembelajaran Ibn Khaldun Dalam Pengajaran Bahasa Arab, Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1
Zainah Nasution, Ina. 2020. Pemikiran Pendidikan Ibnu Khaldun, INTIQAD: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam ISSN 2598-0033, Vol. 12, No.1
Zaprulkhan. 2019. Pengantar Filsafat Islam, Yogyakarta: IRCiSoD
