MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN PRAKTEK MUHADATSAH

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN PRAKTEK MUHADATSAH

Authors

  • erfan habibi stai sayid mohammad alawi al maliki bondowoso

Keywords:

Implementasi, Muhadatsah Yaumiyyah, Maharah Kalam

Abstract

Maharah kalam merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang ingin dicapai dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi muhadatsah yaumiyah dalam meningkatkan maharah kalam di Madrasah Diniyah Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki Bondowoso. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu pertama, bahwa seluruh santri dibiasakan untuk berbahasa Arab saat mengikuti pelajaran bahasa Arab di Madarasah Diniyah. Kedua, santri menjadi lebih percaya diri saat berbicara bahasa Arab tanpa perasaan malu dan takut salah. Ketiga, santri semakin rajin menghafal mufradat setiap harinya. Dan keeempat, santri selalu berlatih muhadatsah agar semakin fasih dan lancar saat berbicara, sehingga secara spontan santri mampu berkomunikasi dengan bahasa Arab di manapun dan kapan saja.

Kata Kunci: Implementasi, Muhadatsah Yaumiyyah, Maharah Kalam

References

DAFTAR PUSTAKA

Anwar, Tayas Yusufdan Saiful 1995. Metodologi Pembelajaran dan Bahasa Arab.

Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Asnawi, Harun. 2021. Guru Pamong Bahasa Arab dan ketua yayasan durusul

falah. Wawancara Ahli tanggal 05 mei 2021.

Charis, Abdullah. 2017. Cara Mudah Berbicara Bahasa Arab. Sidoarjo: Lisan Arabi

Effendy, Ahmad Fuad 2012. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang.

MISYKAT.

Effendy, Ahmad Fuad 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang.

MISYKAT.

Hastang, Nur. 2017. Penerapan Metode Muhadatsah Dalam Meningkatkan Hasil

Belajar Maharah Kalam. Lentera Pendidikan.

Hermawan. Acep 2018, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: PT

REMAJA ROSDAKARYA.

Insaniyah, A. L., & Angraeni, R. (2022). Kesulitan Belajar Pasca Pendemi

COVID19 di MTs Al-Amiriyah Blokagung Banyuwangi. TADRIS ALARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 218–232.

https://doi.org/10.30739/arabiyat.v2i2.1627

Izzan, Ahmad, 2009. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung:

Humaniora.

Marhijanto, Bambang. 1993. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya:

TERBIT TERANG)

Munawwir, Ahmad Warson. 1984. Kamus al-Munawwir Arab-Indonesia

Terlengkap. Surabaya: Pustaka Progresif.

Nadira, 2021. Siswa Kelas VII MTs BPD Debowae. Wawancara Tanggal 06 Mei

Wahyono, Endri. Kepala Sekolah MTs BPD Debowae. Wawancara tanggal 02 Mei

Rohman, Fathur. 2015. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Madani

Kelompok Intrans Publishing.

Setianingtiyas, Firdaus Dwi. 2018. Evektivitas Muhadatsah Yaumiyah Dalam

meningkatkan Maharah Al-Kalam Bahasa Arab Di MA Darul Amanah

Kendal. Lentera Pendidikan.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2020. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D . Bandung: PT

Alfabeta.

Syamsudin, Ahmad Soni, 2013. Penerapan Model Muhadatsah Yaumiyyah Untuk

Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas X.10 Man 01

Kota Magelang. Lentera Pendidikan.

Tarigan, Henry Guntur. 1990. Bahasa Sebagai Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

habibi, erfan. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN PRAKTEK MUHADATSAH: MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN PRAKTEK MUHADATSAH. An Namatul Ausath, 2(1), 70–85. Retrieved from https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/pgmialmliki/article/view/88

Issue

Section

Articles