EFEKTIVITAS COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN NAHWU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGI’RAB KALIMAT

EFEKTIVITAS COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN NAHWU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGI’RAB KALIMAT

Authors

  • nuri firdausiah stai sayid mohammad alawi al maliki bondowoso

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif tipe “STAD”, kemampuan Meng- I’rab Kalimat

Abstract

Abstrak

Untuk menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas, maka guru harus dapat membuat suatu pengajaran yang efektif, variatif dan berkesan, sehingga materi yang disampaikan akan membuat siswa merasa senang dan merasa perlu untuk mempelajari atau memahami pelajaran atau materi tersebut. Keberhasilan yang dimaksud adalah siswa dapat membangun konsep-konsep tentang materi yang dipelajari khususnya Nahwu, dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, serta mampu menyelesaikan masalah-masalah yang ia temukan dalam pembelajaran Nahwu. Salah satu Model pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk berinteraksi satu sama lain adalah Model pembelajaran cooperatif tipe STAD membantu siswa mengintepretasikan ide mereka bersama dan memperbaiki pemahaman. Dalam hal ini, guru sangat berperan penting untuk membimbing siswa melakukan diskusi, sehingga terciptanya suasana belajar yang lebih hidup, aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah “Adakah keefektifan model pembelajaran cooperatif tipe STAD dalam meningkatkan kemampuan meng- I’rab Kalimat siswa kelas VI Fav MI Syalafiyah-Syafi’iyah Sukorejo Situbondo Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pretest-posttest design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling cluster (sampel daerah), sampel yang di gunakan berjumlah 40 siswa yang diambil dari kelas VI Fav yang berjumlah 20 dan VI B yang berjumlah 20. pengambilan data menggunakan, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil tersebut kemudian di analisis menggunakan analisis t-test. Berdasarkan koefisien-koefisien yang diperoleh dapat dituliskan: thitung = 5,362 dan ttabel pada ά= 5% dan df= (20+20-2) = 2,021. Oleh karena t hitung ≥ t table hal ini menunjukkan bahwa model Cooperative tipe STAD dapat meningkatkan Kemampuan meng-I’rab Kalimat siswa kelas VI Fav di Madrasah Ibtidaiyah Syalafiyah- Syafi’iyah Sukorejo Putri.

References

DAFTAR PUSTAKA

Padil, Moh. “ ideologi Tarbiyah Ulil Albab”. UIN Maliki, 2013

Mahmudah, Umi dan Wahab Abdul Rosyidi. “ Active Learning dalam pembelajaran bahasa

arab. UIN Malang,2008

Muhaimin, as’ad abdul. “ Hadist arba’in”. Bintang Terang Surabaya,1986

Mahmudah umi dan wahab abdul Rosyidi. “ Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa

Arab”. Uin Malang.2008

Jalaluddin, Suyuthi. “ Lubabul Hadist”. Surabaya : Apollo, 2010

Kementrian agama. “ Az- Zikru Al-qur’an dan terjemahan untuk wanita”. Jakarta: wali, 2010

Noer, Ahmad Fatirul. “ Cooperative Learning”. Bandung Humaniora, 2009

Haryalesmana Devid. “ Pendekatan Metode Jigsaw “. http:// masdevid. Blogspot.com//diakses

pebruari 2017

Hosnan ,moh. “ Pendekatan Saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21”. Bogor:

Ghalia Indonesia, 2014

E. Slavin Robert. “ Cooperative Learning ( teori, riset, dan praktek)” . London: The University

of Chicago press, 1987

Yamin, martinis. “ Strategi dan Metode dalam Model pembelajaran”. PT. Refika Aditama,

Agung, nur ismadiansyah. “ Model pembelajaran”. http://idekreatifguru.blogspot.co.id//

diakses 21 pebruari 2017

Hamdani. “ Strategi Belajar Mengajar”. Bandung: CV Pustaka Setia, 2011

Suprijono, Agus. “ Cooperative Learning ( teori dan aplikasi)”. CV Pustaka Setia, 2009

Khoirudin, Ahmad. “ Penerapan Metode Cooperative STAD untuk meningkatkan prestasi

belajar siswa pada pokok bahasan mengenal sistem pemerintah pusat di MI AlMujahidin”. Jakarta: UIN Malang, 2014

Invancevich, Donnely, Gibson. “ Organisasi, Manajemen, Perilaku, Struktur, Proses”.

Jakarta: Erlangga, 1994

A.S, Moenit. “ Manajemen, Pelayanan Umum di Indonesia”. Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Ijaz fi ‘ ilmi nahwi

Sanjaya, Wina. “ Penelitian Pendidikan”. Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Darmadi, Hamid. “ Metode Penelitian Pendidikan”. Bandung: ALFABETA, 2014

Sugiono. “ Metode Penelitian Pendidikan”. Jakarta: Kencana, 2013

Sugiono. “ Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D “. Bandung: Humaniora, 2015

Winarsunu, Tulus. “ Statistik dalam Penelitian Pendidikan”. Malang: KDT, 2006

Darmadi, Hamid. “ Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial”. UIN Malang, 2002

IA Alfatani, Z Fajri, UA Faradini - Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah

…, 2023

Sanjaya, Wina. “ Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial”. Bandung: ALFABETA, 2014

Darmadi, Hamid. “ Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial”. UIN Malang, 2003

Ubaidillah, U. (2023). THE PAMUGIH TRADITION IN MADURESE MARRIAGE

CULTURE AND ITS IMPLICATIONS FOR THE SAKINAH FAMILY. At-Turost:

Journal of Islamic Studies, 13-32.

Ubaidillah, U. (2017). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing

(Melempar Bola Salju) Dalam Peningkatanprestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran

Akidah Akhlak. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 1(2), 86-94

Sanjaya, Wina. “ Penelitian Pendidikan”. Jakarta: Kencana, 2013

Sudjana, Nana. “ Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar”. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya, 2012

Iskandar. “ Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial ( Kuantitatif dan Kualitatif)”.

Jakarta: GP. Press, 2008

Suharismi, Arikunto. Prof. Dr. “ Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktik”. Jakarta, 2013

IA Alfatani, Z Fajri, UA Faradini - Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah …,

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

firdausiah, nuri. (2024). EFEKTIVITAS COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN NAHWU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGI’RAB KALIMAT: EFEKTIVITAS COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN NAHWU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGI’RAB KALIMAT. An Namatul Ausath, 2(1), 59–69. Retrieved from https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/pgmialmliki/article/view/89

Issue

Section

Articles