EFEKTIVITAS COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN NAHWU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGI’RAB KALIMAT
EFEKTIVITAS COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN NAHWU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGI’RAB KALIMAT
Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif tipe “STAD”, kemampuan Meng- I’rab KalimatAbstract
Abstrak
Untuk menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas, maka guru harus dapat membuat suatu pengajaran yang efektif, variatif dan berkesan, sehingga materi yang disampaikan akan membuat siswa merasa senang dan merasa perlu untuk mempelajari atau memahami pelajaran atau materi tersebut. Keberhasilan yang dimaksud adalah siswa dapat membangun konsep-konsep tentang materi yang dipelajari khususnya Nahwu, dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, serta mampu menyelesaikan masalah-masalah yang ia temukan dalam pembelajaran Nahwu. Salah satu Model pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk berinteraksi satu sama lain adalah Model pembelajaran cooperatif tipe STAD membantu siswa mengintepretasikan ide mereka bersama dan memperbaiki pemahaman. Dalam hal ini, guru sangat berperan penting untuk membimbing siswa melakukan diskusi, sehingga terciptanya suasana belajar yang lebih hidup, aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah “Adakah keefektifan model pembelajaran cooperatif tipe STAD dalam meningkatkan kemampuan meng- I’rab Kalimat siswa kelas VI Fav MI Syalafiyah-Syafi’iyah Sukorejo Situbondo Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pretest-posttest design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling cluster (sampel daerah), sampel yang di gunakan berjumlah 40 siswa yang diambil dari kelas VI Fav yang berjumlah 20 dan VI B yang berjumlah 20. pengambilan data menggunakan, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil tersebut kemudian di analisis menggunakan analisis t-test. Berdasarkan koefisien-koefisien yang diperoleh dapat dituliskan: thitung = 5,362 dan ttabel pada ά= 5% dan df= (20+20-2) = 2,021. Oleh karena t hitung ≥ t table hal ini menunjukkan bahwa model Cooperative tipe STAD dapat meningkatkan Kemampuan meng-I’rab Kalimat siswa kelas VI Fav di Madrasah Ibtidaiyah Syalafiyah- Syafi’iyah Sukorejo Putri.
References
DAFTAR PUSTAKA
Padil, Moh. “ ideologi Tarbiyah Ulil Albab”. UIN Maliki, 2013
Mahmudah, Umi dan Wahab Abdul Rosyidi. “ Active Learning dalam pembelajaran bahasa
arab. UIN Malang,2008
Muhaimin, as’ad abdul. “ Hadist arba’in”. Bintang Terang Surabaya,1986
Mahmudah umi dan wahab abdul Rosyidi. “ Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa
Arab”. Uin Malang.2008
Jalaluddin, Suyuthi. “ Lubabul Hadist”. Surabaya : Apollo, 2010
Kementrian agama. “ Az- Zikru Al-qur’an dan terjemahan untuk wanita”. Jakarta: wali, 2010
Noer, Ahmad Fatirul. “ Cooperative Learning”. Bandung Humaniora, 2009
Haryalesmana Devid. “ Pendekatan Metode Jigsaw “. http:// masdevid. Blogspot.com//diakses
pebruari 2017
Hosnan ,moh. “ Pendekatan Saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21”. Bogor:
Ghalia Indonesia, 2014
E. Slavin Robert. “ Cooperative Learning ( teori, riset, dan praktek)” . London: The University
of Chicago press, 1987
Yamin, martinis. “ Strategi dan Metode dalam Model pembelajaran”. PT. Refika Aditama,
Agung, nur ismadiansyah. “ Model pembelajaran”. http://idekreatifguru.blogspot.co.id//
diakses 21 pebruari 2017
Hamdani. “ Strategi Belajar Mengajar”. Bandung: CV Pustaka Setia, 2011
Suprijono, Agus. “ Cooperative Learning ( teori dan aplikasi)”. CV Pustaka Setia, 2009
Khoirudin, Ahmad. “ Penerapan Metode Cooperative STAD untuk meningkatkan prestasi
belajar siswa pada pokok bahasan mengenal sistem pemerintah pusat di MI AlMujahidin”. Jakarta: UIN Malang, 2014
Invancevich, Donnely, Gibson. “ Organisasi, Manajemen, Perilaku, Struktur, Proses”.
Jakarta: Erlangga, 1994
A.S, Moenit. “ Manajemen, Pelayanan Umum di Indonesia”. Jakarta: Bumi Aksara, 2008
Ijaz fi ‘ ilmi nahwi
Sanjaya, Wina. “ Penelitian Pendidikan”. Jakarta: Bumi Aksara, 2008
Darmadi, Hamid. “ Metode Penelitian Pendidikan”. Bandung: ALFABETA, 2014
Sugiono. “ Metode Penelitian Pendidikan”. Jakarta: Kencana, 2013
Sugiono. “ Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D “. Bandung: Humaniora, 2015
Winarsunu, Tulus. “ Statistik dalam Penelitian Pendidikan”. Malang: KDT, 2006
Darmadi, Hamid. “ Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial”. UIN Malang, 2002
IA Alfatani, Z Fajri, UA Faradini - Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah
…, 2023
Sanjaya, Wina. “ Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial”. Bandung: ALFABETA, 2014
Darmadi, Hamid. “ Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial”. UIN Malang, 2003
Ubaidillah, U. (2023). THE PAMUGIH TRADITION IN MADURESE MARRIAGE
CULTURE AND ITS IMPLICATIONS FOR THE SAKINAH FAMILY. At-Turost:
Journal of Islamic Studies, 13-32.
Ubaidillah, U. (2017). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing
(Melempar Bola Salju) Dalam Peningkatanprestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Akidah Akhlak. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 1(2), 86-94
Sanjaya, Wina. “ Penelitian Pendidikan”. Jakarta: Kencana, 2013
Sudjana, Nana. “ Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar”. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya, 2012
Iskandar. “ Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial ( Kuantitatif dan Kualitatif)”.
Jakarta: GP. Press, 2008
Suharismi, Arikunto. Prof. Dr. “ Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktik”. Jakarta, 2013
IA Alfatani, Z Fajri, UA Faradini - Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah …,