KIPRAH PENGAJAR MADRASAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER IKHSANI SISWA PADA ERA DIGITAL
KIPRAH PENGAJAR MADRASAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER IKHSANI SISWA PADA ERA DIGITAL
Keywords:
Kiprah pengajar, membentuk karakter ikhsaniAbstract
ABSTRAKTujuan penulisan ini untuk mengetahui kiprah pengajar madrasah sebagai pendidik dalam menghasilkan kebiasaan perilaku peserta didik yang terbentuk dalam suatu karakter ikhsani dalam menghadapi tuntutan zaman pada era digital. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode kualitatif studi kasus, adapun cara pengumpulan informasi dilakukan dengan pengamatan, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisa informasi dengan reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Objek dalam penelitian ialah peserta didik dan guru MTs Nurul Huda Nogosari. Hasl penelitian ini menunjukkan bahwa peran dan strategi pengajar madrasah yang diterapkan di MTs Nurul Huda Nogosari, Bondowoso sangat besar dalam membiasakan karakter ikhsani siswa, hal ini ditunjukkan dengan karakter siswa sudah baik, namun sebagian kecil diantara siswa masih ada yang berkarakter kurang baik. Oleh karena itu guru harus mengoptimalkan peran dan strateginya dalam melakukan pembelajaran dan bimbingan kepada siswa. Kegiatan tersebut agar dapat diterapkan secara optimal perlu adanya pembinaan dan pengawasan secara maksimal dari para pengajar, khususnya guru PAI serta perlunya koordinasi dan kerja sama yang baik dari pihak terkait yakni wali murid, masyarakat dan pemerintah
References
DAFTAR PUSTAKA
Pustaka yang berupa jurnal ilmiah:
Alamsyah, A.-F. (2022). Upaya Pembembentukan Karakter Siswa diMadrasah
Aliyah Swasta. Jurnal of Legal and Cultural Analitics, 1, 144.
Dwi Rini Rahayuningtiyas. (2021). Peranan Guru dalam Mempertahankan
Cultural Helitage Indonesia dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah
Indonesia Kuala Lumpur. JurnalPendidikan dan Ilmu Sosial, 3, 2.
IA Alfatani, Z Fajri, UA Faradini - Raudhah Proud To Be Professionals:
Jurnal Tarbiyah …, 2023
Jannah, M. (2019). Metode dan Strategi Pembentukan Karakter Religius yang
Diterapkan di SDTQ-T An Najah Pondok Pesantren Cidai Alus
Martapura. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah, 4, 79.
Lubis, M. (2019). Peran Guru dalam Era Abad 4,0. Jurnal Pendidikan Hukum
dan Bisnis, 4,70.
Mutaqin, M. Z. (219M). Nilai Religius Dalam Pendidikan Karakter di MTs ArRoyhan Warung Gunung Kabupaten Lebak. Jurnal of Islamic Studies, 7,
Nurasiah. (2021). Peran Guru PAI dalam Membentuk Karakter Siswa.
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6, 212.
Paramita. (2022). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Religius Anak di
Madrasah Diniyah Awaliyah. Jurnal Pendidikan Islam, 3,13.
Pradina, Q. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin.
Jurnal Ilmu Pendidikan, 3, 4119.
Tarmidizi, M. (2022). Peran Ma’had Darul Qur’an wal Hadits Nw Pancor
dalam Membentuk Relasi Sosial yang Berkarakter. Jurnal Tarbawi
Pendidikan Islam dan Isu-isu Sosial, 7, 54.
Wahab, J. (2022). Guru Sebagai Pilar Utama Pembentukan Karakter.
Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 11, 357.
Pustaka berbentuk buku:
Bukhari, U. (2020). Hadits Tarbawi Pendididkan Islam dalam Perspektif
Hadits. Amzah.
Pustaka dari media online:
Rezky, M. (2021). Surah Al-Ahzab Ayat 21-22 (Tafsir Kemenag)Terjemah
dan Tafsirny