Peningkatan Asesmen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Lembaga Pendidikan Islam di Era Digital
Peningkatan Asesmen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Lembaga Pendidikan Islam di Era Digital
Keywords:
Penilaian, Pendidikan Agama Islam, Era digital, Pendidikan Agama IslamAbstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi upaya Peningkatanasesmen pembelajaran agama Islam di lembaga pendidikan Islam pada era digital. Metode yang diterapkan adalah metodologi kualitatif dengan pendekatan analisis. Data dalam penelitian ini diperoleh berdasarkan fakta dan kenyataan di lapangan, bukan melalui desain riset oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penilaian pendidikan Agama Islam di era digital menjadi lebih efektif dan efisien, dengan tetap memperhatikan ajaran-ajaran Islam
References
DAFTAR PUSTAKA
Moh. Muslih,”Jurnal Pelaksanaan Assesmen PAI Di Komunitas Belajar
Qaryah Thayyibah Salatiga”, 2013
Budi, Budiman, “PeningkatanAssesmen Pendidikan Agama Islam (Teori dan
Praktek), 2018
Ta’dib, Jurnal Pendidikan Islam, 10 (1), 2021
Afifuddin, dkk. (2004). Administrasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Ahmadi, Abu dan Noor Salimi. (2013). MKDU Dasar-Dasar Pendidikan
Agama Islam untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Bumi Aksara.
Azhar, Azhari. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Ahmad, Muhammad Abdul Qadir. (2008). Metodologi Pengajaran Agama
Islam Jakarta: Rineka Cipta.
Basri, Hasan. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno. (2010). Startegi Belajar
Mengajar Melalui Pemaham Konsep Umum dan Komsep Islami. Bandung:
Refika Aditama.
Hasan, M. Iqbal. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan
Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.
Indar, Jumberansyah. (2016). Filsafat Pendidikan. Surabaya: Karya Aditama.
IA Alfatani, Z Fajri, UA Faradini - Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal
Tarbiyah …, 2023
Karwono dan Heni Mularsih. (2013). Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan
Sumber Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Mahfud, Rois. (2014). Al-Islam Pendidikan Agama Islam. Palangka Raya:
Erlangga. Marimba, Ahmad D. (2014). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam.
Bandung: Al-Ma’arif. Ramayulis. (2010). Ilmu Pendidikan Islam.
Jakarta: Kalam Mulia.
IA Alfatani, Z Fajri, UA Faradini - Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal
Tarbiyah …, 2023
Uundang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003
Ahmad Calam, A. Q. (2016). Merumuskan Visi dan Misi Lembaga
Pendidikan, Jurnal Ilmiah SAINTIKOM Sain dan Komputer. Jurnal
Ilmiah Saintik, 15(1).
Noor Miyati, “PeningkatanPerangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Untuk Menumbuhkan Perilaku Bertanggung Jawab Siswa Di Smp Negeri
Kota Banjarmasin”, Jurnal Transformatif (Vol. 3, No. 2, Oktober, 2019)
Anisa, C., & Rahmatullah, R.(2020). Visi Dan Misi Menurut Fred R. David
Perspektif Pendidikan Islam. Journal EVALUASI, 4(1).
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.356
Calam, A., & Qurniati, A. (2016). Merumuskan Visi dan Misi Lembaga
Pendidikan. Jurnal Ilmiah Saintik, 15(1).
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV, Syakir Media
Press. 224 Hal.
Kusumastuti, A. dan Khoiron, A.M., (2019). Metode Penelitian Kualitatif.
Semarang. LPSP. 161 hal.
khatibah, 2011. Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra. Vol (5)/01. Hal 36-39