Peningkatan Asesmen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Lembaga Pendidikan Islam di Era Digital

Peningkatan Asesmen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Lembaga Pendidikan Islam di Era Digital

Authors

  • muhammad abrori Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah Darul Falah Bondowoso

Keywords:

Penilaian, Pendidikan Agama Islam, Era digital, Pendidikan Agama Islam

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi upaya Peningkatanasesmen pembelajaran agama Islam di lembaga pendidikan Islam pada era digital. Metode yang diterapkan adalah metodologi kualitatif dengan pendekatan analisis. Data dalam penelitian ini diperoleh berdasarkan fakta dan kenyataan di lapangan, bukan melalui desain riset oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penilaian pendidikan Agama Islam di era digital menjadi lebih efektif dan efisien, dengan tetap memperhatikan ajaran-ajaran Islam

References

DAFTAR PUSTAKA

Moh. Muslih,”Jurnal Pelaksanaan Assesmen PAI Di Komunitas Belajar

Qaryah Thayyibah Salatiga”, 2013

Budi, Budiman, “PeningkatanAssesmen Pendidikan Agama Islam (Teori dan

Praktek), 2018

Ta’dib, Jurnal Pendidikan Islam, 10 (1), 2021

Afifuddin, dkk. (2004). Administrasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Ahmadi, Abu dan Noor Salimi. (2013). MKDU Dasar-Dasar Pendidikan

Agama Islam untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Bumi Aksara.

Azhar, Azhari. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Ahmad, Muhammad Abdul Qadir. (2008). Metodologi Pengajaran Agama

Islam Jakarta: Rineka Cipta.

Basri, Hasan. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno. (2010). Startegi Belajar

Mengajar Melalui Pemaham Konsep Umum dan Komsep Islami. Bandung:

Refika Aditama.

Hasan, M. Iqbal. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan

Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Indar, Jumberansyah. (2016). Filsafat Pendidikan. Surabaya: Karya Aditama.

IA Alfatani, Z Fajri, UA Faradini - Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal

Tarbiyah …, 2023

Karwono dan Heni Mularsih. (2013). Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan

Sumber Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Mahfud, Rois. (2014). Al-Islam Pendidikan Agama Islam. Palangka Raya:

Erlangga. Marimba, Ahmad D. (2014). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam.

Bandung: Al-Ma’arif. Ramayulis. (2010). Ilmu Pendidikan Islam.

Jakarta: Kalam Mulia.

IA Alfatani, Z Fajri, UA Faradini - Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal

Tarbiyah …, 2023

Uundang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003

Ahmad Calam, A. Q. (2016). Merumuskan Visi dan Misi Lembaga

Pendidikan, Jurnal Ilmiah SAINTIKOM Sain dan Komputer. Jurnal

Ilmiah Saintik, 15(1).

Noor Miyati, “PeningkatanPerangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Untuk Menumbuhkan Perilaku Bertanggung Jawab Siswa Di Smp Negeri

Kota Banjarmasin”, Jurnal Transformatif (Vol. 3, No. 2, Oktober, 2019)

Anisa, C., & Rahmatullah, R.(2020). Visi Dan Misi Menurut Fred R. David

Perspektif Pendidikan Islam. Journal EVALUASI, 4(1).

https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.356

Calam, A., & Qurniati, A. (2016). Merumuskan Visi dan Misi Lembaga

Pendidikan. Jurnal Ilmiah Saintik, 15(1).

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV, Syakir Media

Press. 224 Hal.

Kusumastuti, A. dan Khoiron, A.M., (2019). Metode Penelitian Kualitatif.

Semarang. LPSP. 161 hal.

khatibah, 2011. Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra. Vol (5)/01. Hal 36-39

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

abrori, muhammad. (2024). Peningkatan Asesmen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Lembaga Pendidikan Islam di Era Digital: Peningkatan Asesmen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Lembaga Pendidikan Islam di Era Digital. An Namatul Ausath, 2(1), 36–46. Retrieved from https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/pgmialmliki/article/view/91

Issue

Section

Articles