EFEKTIVITAS COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN NAHWU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGI’RAB KALIMAT
Keywords:
Model PembelajaranKooperatiftipe“STAD”, kemampuan Meng-I’rab KalimatAbstract
Untuk menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas, maka guru harus dapat membuat suatu pengajaran yang efektif, variatif dan berkesan, sehingga materi yang disampaikan akan membuat siswa merasa senang dan merasa perlu untuk mempelajari atau memahami pelajaran atau materi tersebut. Keberhasilan yang dimaksud adalah siswa dapat membangun konsep-konsep tentang materi yang dipelajari khususnya Nahwu, dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, serta mampu menyelesaikan masalah-masalah yang ia temukan dalam pembelajaran Nahwu.Salah satu Modelpembelajaran yang memungkinkan siswa untuk berinteraksi satu sama lain adalah Modelpembelajaran cooperatif tipe STADmembantu siswa mengintepretasikan ide mereka bersama dan memperbaiki pemahaman.Dalam hal ini, guru sangat berperan penting untuk membimbing siswa melakukan diskusi, sehingga terciptanya suasana belajar yang lebih hidup, aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah “Adakah keefektifan model pembelajaran cooperatif tipe STADdalam meningkatkan kemampuan meng-I’rab Kalimat siswa kelas VI Fav MI Syalafiyah-Syafi’iyah Sukorejo Situbondo Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pretest-posttest design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling cluster (sampel daerah), sampel yang di gunakan berjumlah 40 siswa yang diambil dari kelas VI Fav yang berjumlah 20 dan VI B yang berjumlah 20. pengambilan data menggunakan, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil tersebut kemudian di analisis menggunakan analisis t-test.Berdasarkan koefisien-koefisien yang diperoleh dapat dituliskan: thitung = 5,362 dan ttabel pada ά= 5% dan df= (20+20-2) = 2,021. Oleh karena t hitung ≥t table hal ini menunjukkan bahwa model Cooperative tipe STAD dapat meningkatkan Kemampuan meng-I’rab Kalimat siswa kelas VI Fav di Madrasah Ibtidaiyah Syalafiyah-Syafi’iyah Sukorejo Putri.
References
Padil, Moh. “ ideologi Tarbiyah Ulil Albab”. UIN Maliki, 2013Mahmudah, Umi dan Wahab Abdul Rosyidi. “ Active Learning dalam pembelajaran bahasa arab. UINMalang,2008Muhaimin, as’ad abdul. “ Hadist arba’in”. Bintang Terang Surabaya,1986Mahmudah umi dan wahab abdul Rosyidi. “ Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab”. Uin Malang.2008Jalaluddin, Suyuthi. “ Lubabul Hadist”. Surabaya : Apollo, 2010Kementrian agama. “ Az-Zikru Al-qur’an dan terjemahan untuk wanita”. Jakarta: wali, 2010Noer,Ahmad Fatirul. “ Cooperative Learning”. Bandung Humaniora, 2009Haryalesmana Devid. “ Pendekatan Metode Jigsaw “. http:// masdevid. Blogspot.com//diakses 21 pebruari 2017Hosnan ,moh. “ Pendekatan Saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21”. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014E. Slavin Robert. “ Cooperative Learning ( teori, riset, dan praktek)”. London: The University of Chicago press, 1987Yamin, martinis. “ Strategi dan Metode dalam Model pembelajaran”. PT. Refika Aditama, 2009Agung, nur ismadiansyah. “ Model pembelajaran”.http://idekreatifguru.blogspot.co.id//diakses 21 pebruari 2017Hamdani. “ Strategi Belajar Mengajar”.Bandung: CV Pustaka Setia, 2011Suprijono, Agus. “ Cooperative Learning ( teori dan aplikasi)”.CV Pustaka Setia, 2009Khoirudin, Ahmad. “ Penerapan Metode Cooperative STAD untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan mengenal sistem pemerintah pusat di MI Al-Mujahidin”. Jakarta: UIN Malang, 2014Invancevich, Donnely, Gibson. “ Organisasi, Manajemen, Perilaku, Struktur, Proses”. Jakarta: Erlangga, 1994
A.S, Moenit. “ Manajemen, Pelayanan Umum di Indonesia”. Jakarta: Bumi Aksara, 2008Ijaz fi ‘ ilmi nahwiSanjaya, Wina. “ Penelitian Pendidikan”.Jakarta: Bumi Aksara, 2008Darmadi, Hamid. “ Metode Penelitian Pendidikan”. Bandung: ALFABETA, 2014Sugiono. “ Metode Penelitian Pendidikan”.Jakarta: Kencana, 2013Sugiono. “ Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D “.Bandung: Humaniora, 2015Winarsunu, Tulus. “ Statistik dalam Penelitian Pendidikan”.Malang: KDT, 2006Darmadi, Hamid. “ Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial”.UIN Malang, 2002Sanjaya, Wina. “ Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial”. Bandung: ALFABETA, 2014Darmadi, Hamid. “ Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial”. UIN Malang, 2003Ubaidillah, U. (2023). THE PAMUGIH TRADITION IN MADURESE MARRIAGE CULTURE AND ITS IMPLICATIONS FOR THE SAKINAH FAMILY. At-Turost: Journal of Islamic Studies, 13-32.Ubaidillah, U. (2017). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing (Melempar Bola Salju) Dalam Peningkatanprestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak.Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 1(2), 86-94Sanjaya, Wina. “ Penelitian Pendidikan”. Jakarta: Kencana, 2013Sudjana, Nana. “ Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar”.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012Iskandar. “ Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial ( Kuantitatif dan Kualitatif)”. Jakarta: GP. Press, 2008Suharismi, Arikunto. Prof. Dr. “ Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktik”.Jakarta, 2013