MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN PRAKTEK MUHADATSAH
Abstract
Maharah kalam merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang ingin dicapai
dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
implementasi muhadatsah yaumiyah dalam meningkatkan maharah kalam di
Madrasah Diniyah Al-Amiriyah Pondok Pesantren Darussalam Blokagung
Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan
teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian
ini yaitu pertama, bahwa seluruh santri dibiasakan untuk berbahasa Arab saat
mengikuti pelajaran bahasa Arab di Madarasah Diniyah. Kedua, santri menjadi
lebih percaya diri saat berbicara bahasa Arab tanpa perasaan malu dan takut salah.
Ketiga, santri semakin rajin menghafal mufradat setiap harinya. Dan keeempat,
santri selalu berlatih muhadatsah agar semakin fasih dan lancar saat berbicara,
sehingga secara spontan santri mampu berkomunikasi dengan bahasa Arab di
manapun dan kapan saja.
References
Anwar, Tayas Yusufdan Saiful 1995. Metodologi Pembelajaran dan Bahasa Arab.
Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Asnawi, Harun. 2021. Guru Pamong Bahasa Arab dan ketua yayasan durusul
falah. Wawancara Ahli tanggal 05 mei 2021.
Charis, Abdullah. 2017. Cara Mudah Berbicara Bahasa Arab. Sidoarjo: Lisan Arabi
Effendy, Ahmad Fuad 2012. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang.
MISYKAT.
Effendy, Ahmad Fuad 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang.
MISYKAT.
Hastang, Nur. 2017. Penerapan Metode Muhadatsah Dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Maharah Kalam. Lentera Pendidikan.
Hermawan. Acep 2018, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: PT
REMAJA ROSDAKARYA.
Insaniyah, A. L., & Angraeni, R. (2022). Kesulitan Belajar Pasca Pendemi
COVID19 di MTs Al-Amiriyah Blokagung Banyuwangi. TADRIS ALARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 218–232.
https://doi.org/10.30739/arabiyat.v2i2.1627
Izzan, Ahmad, 2009. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung:
Humaniora.
Marhijanto, Bambang. 1993. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya:
TERBIT TERANG)
Munawwir, Ahmad Warson. 1984. Kamus al-Munawwir Arab-Indonesia
Terlengkap. Surabaya: Pustaka Progresif.
Nadira, 2021. Siswa Kelas VII MTs BPD Debowae. Wawancara Tanggal 06 Mei
Wahyono, Endri. Kepala Sekolah MTs BPD Debowae. Wawancara tanggal 02 Mei
Rohman, Fathur. 2015. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Madani
Kelompok Intrans Publishing.
Setianingtiyas, Firdaus Dwi. 2018. Evektivitas Muhadatsah Yaumiyah Dalam
meningkatkan Maharah Al-Kalam Bahasa Arab Di MA Darul Amanah
Kendal. Lentera Pendidikan.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2020. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D . Bandung: PT
Alfabeta.
Syamsudin, Ahmad Soni, 2013. Penerapan Model Muhadatsah Yaumiyyah Untuk
Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas X.10 Man 01
Kota Magelang. Lentera Pendidikan.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Bahasa Sebagai Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa.