Efektivitas Penggunaan Proyektor terhadap Kegiatan Pembelajaran di dalam Kelas

Authors

  • Rayhan Abdurrozzaq M Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Faisyal Ahmad Rifha'i
  • Hapipudin Hapipudin
  • Ahmad Yasin Alanshari

DOI:

https://doi.org/10.64431/edushopia.v2i2.245

Keywords:

Proyektor, Efektivitas Pembelajaran, Media Pembelajaran, Teknologi Pendidikan

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa dampak besar dalam dunia pendidikan, termasuk dalam proses pembelajaran di kelas. Salah satu perangkat teknologi yang banyak digunakan adalah proyektor, yang memungkinkan penyampaian materi secara visual dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan proyektor dalam pembelajaran serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai hasil penelitian terdahulu yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan proyektor dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memperjelas pemahaman materi, dan mendukung efisiensi waktu pembelajaran. Namun demikian, efektivitas penggunaan proyektor sangat bergantung pada kompetensi guru, kualitas desain materi, kesiapan sarana prasarana, karakteristik siswa, serta manajemen kelas yang baik. Dengan demikian, proyektor perlu diintegrasikan secara terencana dalam strategi pembelajaran agar mampu memberikan kontribusi optimal dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan metode pembelajaran yang berbasis teknologi dan adaptif terhadap kebutuhan abad ke-21.

References

Akhyanto, A., Suarna, N., & Purnamasari, A. (2022). Game edukasi ilmu tajwid berbasis android menggunakan metode addie untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Informatika Terpadu, 8(2), 117-126. https://doi.org/10.54914/jit.v8i2.571

Aryani, Z. (2023). Implementasi kolaborasi mahasiswa dan guru dalam upaya peningkatan pemahaman peserta didik di sekolah dasar negeri 95/iii tanjung pauh mudik. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(8), 1381-1389. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i8.359

Destari, R. and Sukamto, S. (2019). Kefektifan model tipe make a match terhadap hasil belajar matematika. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2). https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19142

Habibi, E., & Alfatani, I. A. (2023). Tranformasi Pendidikan; Landasan Agama Dalam Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (Paikem). Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 32–48.

HABIBI, E., Rafiqie, M., & Firdaus, M. (2024). Strategi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar di SMP Negeri 1 Lenteng Sumenep: Strategi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar di SMP Negeri 1 Lenteng Sumenep. EDUSHOPIA: Journal of Progressive Pedagogy, 1(1), 33–52.

Halimah, N., & Alfatani, I. A. (2024). Efektifitas Penggunaan Media LCD Projector terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI di MAN Negara Jembrana Bali. https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/pai/article/view/98

Herdawati, S., Mahmudin, M., & Ruwaida, H. (2022). Analisis upaya guru dalam meningkatkan keterampilan calistung siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8089-8096. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3726

Hidayat, F., Syaheza, M., & Fauzi, F. (2024). Literasi digital, membekali anak dengan kemampuan digital. pendekar, 1(3). https://doi.org/10.37776/pend.v1i3.1410

Maryono, Susanto, H., & Syam, A. R. (2024). Pengaruh penggunaan media pembelajaran LCD proyektor terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak di sekolah. https://doi.org/10.26555/jiei.v3i2.6720

Miftah, M. and Rokhman, N. (2022). Kriteria pemilihan dan prinsip pemanfaatan media pembelajaran berbasis tik sesuai kebutuhan peserta didik. Educenter Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(9), 641-649. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i9.92

Muna, Z., Sulianto, J., & Soegeng, A. (2022). Implementasi model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran ipa di kelas v sd n batu 1 tahun pelajaran 2022/2023. Dikdas Matappa Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 5(3), 749. https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i3.2199

Nasution, E., Siregar, E., Rhamayanti, Y., Nasution, F., & Rahmawati, T. (2023). Upaya peningkatan minat belajar peserta didik melalui media belajar gambar pada sekolah luar biasa (slb) negeri padang sidempuan. Kalandra Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 7-13. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i1.235

Ridwan, M. (2022). Pengembangan video ice breaking berbasis 3n (niteni, nirokke, dan nambahi) pada pembelajaran tematik. Kognisi, 2(2), 59-65. https://doi.org/10.56393/kognisi.v1i4.515

Rizal, S., Arafat, Y., & Heldayani, E. (2024). Pengembangan media komik dengan nilai karakter pada materi sumpah pemuda kelas v di sdn 2 kelekar. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 14(1), 184. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v14i1.621

Rohman, N., & Safitri, D. N. (2018). Efektifitas Pembelajaran Berbasis LCD Projector dengan Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(2), 82.

Saputra, R. and Wijaya, A. (2023). Penerapan kontribusi mengajar melalui kegiatan pemantapan kemampuan mengajar (pkm) di sekolah dasar negeri 16/iii pondok siguang kecamatan danau kerinci barat kabupaten kerinci. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(8), 1433-1440. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i8.363

Saputro, M. (2022). Rancang bangun sistem raport digital berbasis java (d-raport) di sdn sukatani 03 depok. Jurnal Teknoinfo, 16(1), 72. https://doi.org/10.33365/jti.v16i1.1352

Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model penguatan literasi digital melalui pemanfaatan e-learning. Jurnal Aspikom, 3(6), 1200. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi guru di masa pandemi covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 100. https://doi.org/10.26623/jreb.v13i2.2434

Susanti, B. E., Agusdianita, N., & Oktariya, B. (2024). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Kelas V SD Negeri 20 Bengkulu. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3), 344-351.

Syarahil, D., Voutama, A., & Heryana, N. (2023). Alternatif pemilihan brand smartphone menggunakan metode analytical hierarchy process. Smart Comp Jurnalnya Orang Pintar Komputer, 12(4). https://doi.org/10.30591/smartcomp.v12i4.4359

Wijaya, W. and Risdiansyah, D. (2020). Dampak implementasi sistem informasi manajemen pendidikan pada kegiatan akademik di sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 129-135. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i1.24564

Yola, S. (2022). Analisis model pembelajaran siswa pada masa covid-19 berbasis teknologi di tingkat dasar. Jurnal Sosial Teknologi, 2(2), 132-141. https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v2i2.291

Downloads

Published

2025-07-20

How to Cite

Abdurrozzaq M, Rayhan, Faisyal Ahmad Rifha’i, Hapipudin Hapipudin, and Ahmad Yasin Alanshari. 2025. “Efektivitas Penggunaan Proyektor Terhadap Kegiatan Pembelajaran Di Dalam Kelas”. EDUSHOPIA : Journal of Progressive Pedagogy 2 (2):138-45. https://doi.org/10.64431/edushopia.v2i2.245.