EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI LEMBAGA BAHASA INSTITUT AGAMA ISLAM IBRAHIMY SUKOREJO SITUBONDO 2016-2017 STUDI KASUS SMP IBRAHIMY SUKOREJO SITUBONDO
Keywords:
Audio Visual, Bahasa Arab, Media MixpadAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Mixpad pada pembelajarn Bahasa arab di kelas VIII Ibrahimy Sukorejo Situbondo . Subjek penelitian adalah siswa SMP kelas VIII Ibrahimy Sukorejo Situbondo. Dalam meneliti, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif merupakan sebuah metode penelitian yang dilakukan dengan cara meneliti pada kondisi subjek, dan pada metode ini peneliti merupakan instrument kuncinya. Disini kita bisa menggunakan berbagai macam teknologi seperti media mixpad yaitu media alat dengar atau tempat untuk mengedit suatu rekaman suara,sebagaimana kita ketahui pembelajaran pada era ini telah mulai berkembang yaitu dari listening, radio, mp3, lagu, murattal, dan lain-lainnya, media mixpad adalah aplikasi yang sangat bagus dalam membuat metode pembelajaran audiovisual untuk meningkat kan daya pikiran pelajar, karena setiap pelajar pasti berbeda pola pikir dalam menangkap pembelajaran tersebut. Hasil deksripsi menunjukkan hasil belajar siswa yang menggunakan media mixpad atau audio visual 60%, dan nilai kebiasannya tergolong sangat efektif.besar perbedaan dalam menggunakan metode tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media mixpad atau audio visual efektif digunakan.
References
DAFTAR PUSTAKA
Amiruddin, A., & Fatmawati, F. (2018). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab
Pada Siswa Kelas VIII SMP Unismuh Makassar. Al-Maraji': Jurnal Pendidikan
Bahasa Arab, 2(2), 27-39.
Ernanida, E., & Yusra, R. Al. (2019). Media Audio Visual dalam Pembelajaran PAI.
Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 101–112.
https://doi.org/10.15548/mrb.v2i1.333
Fahrurrozi, A. (2014). Pembelajaran Bahasa Arab: Problematika Dan
Solusinya. ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasa araban,
(2). https://doi.org/10.15408/a.v1i2.1137
Hidayat, N. S. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. An-Nida’, 37(1), 82–
Khasanah, K., & Lestari, A. (2021). The Effect of Quizizz and Learning
Independence on Mathematics Learning Outcomes. Tadris: Jurnal Keguruan
dan Ilmu Tarbiyah, 6(1), 63-74.
Hamid Abdul, et al. (2008). Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan, Metode,
Strategi, Materi, dan Media. Malang:UIN-Malang Press.
Muradi, A. (2014). Tujuan pembelajaran bahasa asing (Arab) diIndonesia.
Jurnal Al Maqayis, 1(1), 128-137.
Muslim, Yasin F. (2018). Influence Of Ict Media And Linguistic Intelligence On
English Learning Outcomes. Akademika : Jurnal Teknologi
Pendidikan, 7(01), 72-92. https://doi.org/10.34005/akademika.v7i01.310
Mutayasiroh, S. (2021). Komparasi MediaAudio-Visual dan Media Kartu dalam
Pembelajaran Bahasa Arab. An-Nuqtah, 1(1), 25-29.
https://doi.org/10.1234/an-nuqṭah.v1i1.592
Oensyar, K. R., & Hifni,A. (2015). Pengantar Metodologi Pembelajaran BahasaArab. In
IAIN Antasari Press: banjarmasin.
Rahmawati, N. (2019). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Pemahaman Maharoh
Istima’ Bahasa Arab. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal PendidikanIslam, 2(02),
–231. https://doi.org/10.37542/iq.v2i02.34
Takdir, T. (2020). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Naskhi:Jurnal
Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 2(1), 40–58.
https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i1.290
IA Alfatani, Z Fajri, UA Faradini - Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal
Tarbiyah …, 2023
(https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=76A7
ChMAAAAJ&citation_for_view=76A7ChMAAAAJ:Tyk-4Ss8FVUC)