PENGGUNAAN METODE EKLEKTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA SMP
Keywords:
ElektikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penggunaan metode eklektik dalam
meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab siswa SMP Negeri 1 Asembagus. Metode
eklektik merupakan pendekatan pengajaran yang menggabungkan berbagai strategi dan
teknik pembelajaran dari berbagai metode yang ada. Penelitian ini dilakukan dengan
melibatkan siswa SMP sebagai subjek penelitian dan menggunakan desain penelitian pre-test
post-test dengan kelompok kontrol.
Data dikumpulkan melalui tes awal, intervensi menggunakan metode eklektik, dan tes akhir
untuk mengukur kemajuan keterampilan membaca bahasa Arab siswa. Selain itu, observasi
dan kuesioner juga digunakan untuk memperoleh informasi tambahan mengenai respons
siswa terhadap penggunaan metode eklektik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode eklektik secara signifikan
meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab siswa SMP Negeri 1 Asembagus
dibandingkan dengan kelompok kontrol. Siswa menunjukkan peningkatan pemahaman
terhadap teks bahasa Arab, kosa kata, dan kemampuan membaca dengan cepat. Respons
siswa terhadap metode eklektik secara umum positif, menunjukkan bahwa metode ini dapat
diterapkan dengan baik dalam konteks pembelajaran bahasa Arab di tingkat SMP Negeri 1
Asembagus.
Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran bahasa Arab
yang efektif, terutama di tingkat SMP Negeri 1 Asembagus. Metode eklektik dapat dijadikan
alternatif yang menarik dan efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab
siswa, dengan mempertimbangkan keberagaman gaya pembelajaran dan kebutuhan individu
siswa
References
Ainin, Moch, 2007. Metodelogi Penelitian Bahasa Arab. Pasuruan:Hilal Pustaka
Al-Qur’an dan terjemahan ,(Bandung:CV,Penerbit Diponegoro)
Chaidar , Al-Wasilah, A, 2000. Pengajaran Bahasa Komuniatif, Bandung : PT. Remaja
Rosdakarya
Djamarah, Bahri, Syaiful, 2012, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya:
Usaha Nasional
Effendi,Ahmad Fuad, 2005. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat
Gunawan ,Heri, 2012 Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung:
ALFABETA
http://the –manual.com/game –dalam –pembelajaran –bahasa –arab –manual/
http=//www.penalaran-unm.org/index.php/artikel-nalar/penelitian/116-metode penelitian
kualitatif.html
Izzan, Ahmad, 2009, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: Humatora
Moleong J. Lexy,1998. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosda Karya
Moleong J. Lexy, 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosda Karya
Muzib, Fathil Dkk, 2012, Permainan Edukatif pendukung Pembelajaran Bahasa Arab
(2), Jogjakarta: Diva prees
Muhammad, 2011, Metode Penelitian Bahasa, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Munip, Abdul, 2005. Strategi dan Kiat Menerjemahkan Teks Bahasa Arab kedalam
Bahasa Indonesia , Yogyakarta : Teras
Norman K. Denzin dan Yvonna S. Lincoln, 2009. Handbook Of Qualitative Research,
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Nuha, Ulin, 2012, Metodologi Super Afektif Pembelajaran Bahasa arab, Jogjakarta:
Diva Prees
Satori, Djam’an, 2009, Petodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta
Sugiono, 2012, Metode Penelitian Pendidikan,Bandung Pendekatan kuantitatif
,kualitatif, R&D: Alfabeta
Slamet AS, Yusuf, 1983, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya : Usaha
Nasional
Tarigan, Guntur, Hery, 1697, Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa,
Bandung: Angkasa
Ubaidillah, U. (2023). THE PAMUGIH TRADITION IN MADURESE MARRIAGE
CULTURE AND ITS IMPLICATIONS FOR THE SAKINAH FAMILY.
At-Turost: Journal of Islamic Studies, 13-32.
Ubaidillah, U. (2017). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing
(Melempar Bola Salju) Dalam Peningkatanprestasi Belajar Siswa Pada
Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman,
(2), 86-94
Zulkifli ,2011,Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab,Pekan baru Riau: Zanafa
Publishing,
Zaenuddin, Radliyah Dkk, 2005, Metodolegi dan Strategi Alternatif, Yogyakarta:
Pustaka Rihlah Group