EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI LEMBAGA BAHASA INSTITUT AGAMA ISLAM IBRAHIMY SUKOREJO SITUBONDO 2015-2016

Authors

  • Siti Kholida

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Mixpad pada pembelajarn
Bahasa arab di kelas VIII Kota Baru. Subjek penelitian adalah siswa MTs kelas VIII Koto Baru.
Dalam meneliti, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif
merupakan sebuah metode penelitian yang dilakukan dengan cara meneliti pada kondisi
subjek, dan pada metode ini peneliti merupakan instrument kuncinya. Disini kita bisa
menggunakan berbagai macam teknologi seperti media mixpad yaitu media alat dengar atau
tempat untuk mengedit suatu rekaman suara,sebagaimana kita ketahui pembelajaran pada
era ini telah mulai berkembang yaitu dari listening, radio, mp3, lagu, murattal, dan lain-lainnya,
media mixpad adalah aplikasi yang sangat bagus dalam membuat metode pembelajaran
audiovisual untuk meningkat kan daya pikiran pelajar, karena setiap pelajar pasti berbeda pola
pikir dalam menangkap pembelajaran tersebut. Hasil deksripsi menunjukkan hasil belajar
siswa yang menggunakan media mixpad atau audio visual 60%, dan nilai kebiasannya
tergolong sangat efektif.besar perbedaan dalam menggunakan metode tersebut maka dapat
disimpulkan bahwa media mixpad atau audio visual efektif digunakan.

References

Amiruddin, A., & Fatmawati, F. (2018). Problematika Pembelajaran Bahasa

Arab Pada Siswa Kelas VIII SMP Unismuh Makassar. Al-Maraji': Jurnal

Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 27-39.

Ernanida, E., & Yusra, R. Al. (2019). Media Audio Visual dalam Pembelajaran

PAI. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 101–112.

https://doi.org/10.15548/mrb.v2i1.333

Fahrurrozi, A. (2014). Pembelajaran Bahasa Arab : Problematika Dan

Solusinya. ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasa

araban, 1(2). https://doi.org/10.15408/a.v1i2.1137

Hidayat, N. S. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. An-Nida’,

(1), 82–88.

Khasanah, K., & Lestari, A. (2021). The Effect of Quizizz and Learning

Independence on Mathematics Learning Outcomes. Tadris: Jurnal

Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 6(1), 63-74.

Hamid Abdul, et al. (2008). Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan, Metode,

Strategi, Materi, dan Media. Malang:UIN-Malang Press.

Muradi, A. (2014). Tujuan pembelajaran bahasa asing (Arab) di

Indonesia. Jurnal Al Maqayis, 1(1), 128-137.

Muslim, Yasin F. (2018). Influence Of Ict Media And Linguistic Intelligence On

English Learning Outcomes. Akademika : Jurnal Teknologi

Pendidikan, 7(01), 72-92. https://doi.org/10.34005/akademika.v7i01.310

Mutayasiroh, S. (2021). Komparasi Media Audio-Visual dan Media Kartu dalam

Pembelajaran Bahasa Arab. An-Nuqtah, 1(1), 25-29.

https://doi.org/10.1234/an-nuqṭah.v1i1.592

Oensyar, K. R., & Hifni, A. (2015). Pengantar Metodologi Pembelajaran Bahasa

Arab. In IAIN Antasari Press: banjarmasin.

Rahmawati, N. (2019). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Pemahaman

Maharoh Istima’ Bahasa Arab. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan

Islam, 2(02), 217–231. https://doi.org/10.37542/iq.v2i02.34

Takdir, T. (2020). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Naskhi:

Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 2(1), 40–58.

https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i1.290

Downloads

Published

2023-01-30

Issue

Section

Articles