Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di SDN Grabagan

Authors

  • Siti Kholida

Keywords:

Keterlaksanaan Pembelajaran; CTL; Hasil Belajar Kognitif.

Abstract

Penelitiantinitbertujuan mendeskripsikan pengaruh pendekatan CTL terhadap hasilbbelajarkkognitif
padaamata pelajaran IPA Kelas V di SDN Grabagan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif
dengan jenis penelitian Pre Experimental dan desainnya menggunakan One Group Pretest-Posttest.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Grabagan berjumlah 32 siswa.
Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh dengan sampel 32 siswa pada kelas V SD
Negeri Grabagan. Teknikkpengumpulanndata yang digunakannadalah observasiddan tes. Instrumen
penelitian yanggdigunakan yaitu lembaroobservasindan tes hasilbbelajar berupa pretest dan posttest.
Teknik analisis data menggunakan RSP dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
Keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan CTL termasuk kategori baik dengan skor rata-rata 3,4,
(2) Perolehan N-Gain sebesar 0,5 yang terletak pada interval 0,3 ˂ N-Gain ˂ 0,7 menunjukkan kriteria
sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan CTL
padaamata pelajarantIPA ditkelastV SDN Grabagan dinyatakan terlaksana dan terdapat pengaruh
pendekatan CTL terhadapthasiltbelajartkognitif pada matatpelajarantIPA di kelastV SDN Grabagan.
Padatpenelitiantini hanya meneliti pengaruhhpendekatan CTL terhadapphasil belajarkkognitif pada
mataapelajaran IPA, sehingga diharapkan penelitiannselanjutnyaadapat memperluas penelitian
denganavariabelayang lebih inovatif.

References

Aminah. (2021). Upaya Meningkatkan Minat

Dan Hasil Belajar IPA Materi Pokok

Perpindahan Suhu Dan Kalor

Menggunakan Model Pembelajaran

Contextual Teaching and Learning di

Kelas V SD Negeri 101500 Batu Gana.

JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan

Dasar), 1(1), 32–41.

Anjani, L. P. A., Putra, K. N. S., & Ardana, I.

K. (2020). Pengaruh model pembelajaran

Contextual Teaching and Learning

berbantuan media konkret terhadap

kompetensi pengetahuan IPA. Journal

for Lesson and Learning

Studies, 3(2), 230–237.

https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27273

Anugreni, F., & Pulungan, M. A. (2020).

Strategi peningkatan konsep matematika

diskrit melalui pendekatan Contextual

Teaching and Learning (CTL).

Sukabumi: CV Jejak.

Dewi, S., Mariam, S., & Kelana, J. B. (2019).

Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Kreatif IPA Siswa Sekolah Dasar

Menggunakan Model Contexual

Teaching and Learning. JP2SD (Jurnal

Pemikiran dan Pengembangan Sekolah

Dasar), 02(06), 1–9.

Fua, J. La, Lukman, A. A., & Aripin. (2017).

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui

Model Pembelajaran Contextual

Teaching Learning Pada Siswa Kelas IV

SD Negeri Tabanggele, Kecamatan

Anggalomoare, Kabupaten Konawe.

AlTa’dib: Jurnal Kajian Ilmu

Kependidikan, 10(2), 37–54.

Herfiani, & Syarifuddin. (2018). Pengaruh

Pendekatan Pembelajaran Contextual

Teaching and Learning (CTL) Terhadap

Peningkatan Hasil Belajar Konsep

Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan

Kelas IV SD. JKPD (Jurnal Kajian

Pendidikan Dasar), 3(1), 462–470.

https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i1.1175

Hikmawati, N. (2020). Model Pembelajaran

Kurikulum 2013 Dalam Materi IPA

Kelas 6 MI Miftahun Najah Desa

Tenonan Kecamatan Manding. Jurnal

Kariman, 8(1), 89–104.

Kartikasari, A. D. (2020). Pengaruh Model

Contextual Teaching and Learning

Terhadap Hasil Belajar Siswa Mapel IPA

Materi Perubahan Wujud Benda.

SITTAH: Journal of Primary Education,

(1), 57–65.

Lawe, Y. U. (2017). Penerapan model

pembelajaran Contextual Teaching and

Learning (CTL) Untuk Meningkatkan

Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Pada

Siswa Kelas IV SDI Olaewa. Jurnal

Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 4(1), 67–

Marliani, S., Rengganis, I., & Djumhana, N.

(2018). Penerapan pendekatan

Contextual Teaching and Learning

(CTL) Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Pembelajaran IPA. Jurnal

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1),

–42.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Yudistira

Pratama, M. (2019). Penggunaan Media

Pembelajaran Video Terhadap Hasil

Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of

Primary Education, 3(2), 64–72.

Nursamsi. (2019). Efektivitas Pembelajaran

Matematika Melalui Model Problem

Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas

VII SMP Swasta Tanakeke. Skripsi.

Makassar: Fakultas Keguruan dan Ilmu

Pendidikan Universitas Muhammadiyah

Makassar.

Nuryanto, R., Kresnadi, H., & Hamdani, H.

(2018). Pengaruh Pendekatan CTL

Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas

IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan

dan Pembelajaran Katulistiwa, 7(9), 1–

Ratna, M. (2015). Pengaruh Metode CTL dan

Kemampuan Berpikir Logis Terhadap

Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV

Sekolah Dasar Negeri 114 Palembang.

(2), 254–265.

Sarwono, J. (2015). Rumus-rumus populer

dalam SPSS 22 untuk riset skripsi.

Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran

inovatif dalam kurikulum 2013.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian

pendidikan (pendekatan kuantitatif,

kualitatif, dan R&D). Bandung:

Alfabeta.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model

pembelajaran Mastery Learning upaya

peningkatan keaktifan dan hasil belajar

siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Yulindaria, L., & Cahyani, I. (2017).

Penerapan Pendekatan Contextual

Teaching and Learning (CTL) Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada

Materi Energi Gerak Dalam

Pembelajaran IPA Sekolah Dasar.

Metodik Didaktik, 13(1), 33–41.

Zakiah, & Khairi, F. (2019). Pengaruh

Kemampuan Kognitif Terhadap Prestasi

Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN

Gugus 01 Kecamatan Selaparang. El

Midad: Jurnal PGMI, 11(1), 85–100.

Downloads

Published

2023-01-30

Issue

Section

Articles