Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di SDN Grabagan
Keywords:
Keterlaksanaan Pembelajaran; CTL; Hasil Belajar Kognitif.Abstract
Penelitiantinitbertujuan mendeskripsikan pengaruh pendekatan CTL terhadap hasilbbelajarkkognitif
padaamata pelajaran IPA Kelas V di SDN Grabagan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif
dengan jenis penelitian Pre Experimental dan desainnya menggunakan One Group Pretest-Posttest.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Grabagan berjumlah 32 siswa.
Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh dengan sampel 32 siswa pada kelas V SD
Negeri Grabagan. Teknikkpengumpulanndata yang digunakannadalah observasiddan tes. Instrumen
penelitian yanggdigunakan yaitu lembaroobservasindan tes hasilbbelajar berupa pretest dan posttest.
Teknik analisis data menggunakan RSP dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
Keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan CTL termasuk kategori baik dengan skor rata-rata 3,4,
(2) Perolehan N-Gain sebesar 0,5 yang terletak pada interval 0,3 ˂ N-Gain ˂ 0,7 menunjukkan kriteria
sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan CTL
padaamata pelajarantIPA ditkelastV SDN Grabagan dinyatakan terlaksana dan terdapat pengaruh
pendekatan CTL terhadapthasiltbelajartkognitif pada matatpelajarantIPA di kelastV SDN Grabagan.
Padatpenelitiantini hanya meneliti pengaruhhpendekatan CTL terhadapphasil belajarkkognitif pada
mataapelajaran IPA, sehingga diharapkan penelitiannselanjutnyaadapat memperluas penelitian
denganavariabelayang lebih inovatif.
References
Aminah. (2021). Upaya Meningkatkan Minat
Dan Hasil Belajar IPA Materi Pokok
Perpindahan Suhu Dan Kalor
Menggunakan Model Pembelajaran
Contextual Teaching and Learning di
Kelas V SD Negeri 101500 Batu Gana.
JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan
Dasar), 1(1), 32–41.
Anjani, L. P. A., Putra, K. N. S., & Ardana, I.
K. (2020). Pengaruh model pembelajaran
Contextual Teaching and Learning
berbantuan media konkret terhadap
kompetensi pengetahuan IPA. Journal
for Lesson and Learning
Studies, 3(2), 230–237.
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27273
Anugreni, F., & Pulungan, M. A. (2020).
Strategi peningkatan konsep matematika
diskrit melalui pendekatan Contextual
Teaching and Learning (CTL).
Sukabumi: CV Jejak.
Dewi, S., Mariam, S., & Kelana, J. B. (2019).
Meningkatkan Kemampuan Berpikir
Kreatif IPA Siswa Sekolah Dasar
Menggunakan Model Contexual
Teaching and Learning. JP2SD (Jurnal
Pemikiran dan Pengembangan Sekolah
Dasar), 02(06), 1–9.
Fua, J. La, Lukman, A. A., & Aripin. (2017).
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui
Model Pembelajaran Contextual
Teaching Learning Pada Siswa Kelas IV
SD Negeri Tabanggele, Kecamatan
Anggalomoare, Kabupaten Konawe.
AlTa’dib: Jurnal Kajian Ilmu
Kependidikan, 10(2), 37–54.
Herfiani, & Syarifuddin. (2018). Pengaruh
Pendekatan Pembelajaran Contextual
Teaching and Learning (CTL) Terhadap
Peningkatan Hasil Belajar Konsep
Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan
Kelas IV SD. JKPD (Jurnal Kajian
Pendidikan Dasar), 3(1), 462–470.
https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i1.1175
Hikmawati, N. (2020). Model Pembelajaran
Kurikulum 2013 Dalam Materi IPA
Kelas 6 MI Miftahun Najah Desa
Tenonan Kecamatan Manding. Jurnal
Kariman, 8(1), 89–104.
Kartikasari, A. D. (2020). Pengaruh Model
Contextual Teaching and Learning
Terhadap Hasil Belajar Siswa Mapel IPA
Materi Perubahan Wujud Benda.
SITTAH: Journal of Primary Education,
(1), 57–65.
Lawe, Y. U. (2017). Penerapan model
pembelajaran Contextual Teaching and
Learning (CTL) Untuk Meningkatkan
Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Pada
Siswa Kelas IV SDI Olaewa. Jurnal
Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 4(1), 67–
Marliani, S., Rengganis, I., & Djumhana, N.
(2018). Penerapan pendekatan
Contextual Teaching and Learning
(CTL) Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Pembelajaran IPA. Jurnal
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1),
–42.
Novita, L., Sukmanasa, E., & Yudistira
Pratama, M. (2019). Penggunaan Media
Pembelajaran Video Terhadap Hasil
Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of
Primary Education, 3(2), 64–72.
Nursamsi. (2019). Efektivitas Pembelajaran
Matematika Melalui Model Problem
Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas
VII SMP Swasta Tanakeke. Skripsi.
Makassar: Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Muhammadiyah
Makassar.
Nuryanto, R., Kresnadi, H., & Hamdani, H.
(2018). Pengaruh Pendekatan CTL
Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas
IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan
dan Pembelajaran Katulistiwa, 7(9), 1–
Ratna, M. (2015). Pengaruh Metode CTL dan
Kemampuan Berpikir Logis Terhadap
Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV
Sekolah Dasar Negeri 114 Palembang.
(2), 254–265.
Sarwono, J. (2015). Rumus-rumus populer
dalam SPSS 22 untuk riset skripsi.
Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran
inovatif dalam kurikulum 2013.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian
pendidikan (pendekatan kuantitatif,
kualitatif, dan R&D). Bandung:
Alfabeta.
Wahyuningsih, E. S. (2020). Model
pembelajaran Mastery Learning upaya
peningkatan keaktifan dan hasil belajar
siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Yulindaria, L., & Cahyani, I. (2017).
Penerapan Pendekatan Contextual
Teaching and Learning (CTL) Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada
Materi Energi Gerak Dalam
Pembelajaran IPA Sekolah Dasar.
Metodik Didaktik, 13(1), 33–41.
Zakiah, & Khairi, F. (2019). Pengaruh
Kemampuan Kognitif Terhadap Prestasi
Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN
Gugus 01 Kecamatan Selaparang. El
Midad: Jurnal PGMI, 11(1), 85–100.