PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TEKNIK PRAKTEK JUAL BELI TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA MEMAHAMI AKUNTANSI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UM METRO

Authors

  • Siti Kholida STAI Sayid Mohammad Alawi Al Maliki Bondowoso

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh contextual teaching and learning
(CTL) teknik praktek jual beli terhadap kemampuan memahami akuntansi. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Design, bentuk
Pretest-control Group Design. yang dilakukan pada mahasiswa semester genap, mata kuliah
Telaah Ekonomi SMA pada materi akuntansi, pembahasan Jurnal Khusus Perusahaan Dagang
UM Metro. Analisis data menunjukkan rataan skor postes kemampuan memahami akuntansi
mahasiswa untuk kelas eksperimen sebesar 71,80 dan kelas kontrol sebesar 66,26. Berdasarkan
hasil penelitian diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,007 lebih kecil dari nilai α = 0,05,
sehingga H0 ditolak. Hasil ini berarti kedua kelas memiliki kemampuan memahami akuntansi
yang berbeda secara signifikan. Kemampuan memahami akuntansi mahasiswa yang mendapat
pembelajaran pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih tinggi dari pada
mahasiswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap memahami
akuntansi mahasiswa.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar

Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara

Depdiknas. 2007. Panduan Pembelajaran

Kontekstual Sekolah

Menengah

Pertama. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain.

Strategi Pembelajaran cet.

Ke3. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Faridah T. 2002.

Pembelajaran berdasarkan

pendekatan kontekstual.

Sulawesi Selatan:

LPMP

|

Iksan, Khairul. 2009. Peningkatan Proses

Pembelajaran Melalui

Strategi Pembelajaran

Kontekstual.

http://my.opera.com/khairul11/blog/

/ 03/12/peningkatanprosesbelajar-mengajar

Kunandar. 2007. Guru Profesional

Implementasi Kurikulum Tingkat

Satuan Pendidikan (KTSP) Dan

Sukses Dalam Sertifikasi Guru.

Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Mochamad Enoh. 2004. Implementasi

Contextual Teaching And Learning

(CTL) Dalam Kurikulum Berbasis

Kompetensi Mata Pelajaran

Geografi SMU/MA. Jurnal Ilmu

Pendidikan.11 (1).17-29.

Mulyasa. 2006. Menjadi guru profesional

menciptakan pembelajaran kreatif

dan Menyenangkan.

Bandung:

Remaja Rosdakarya

Muslich, Masnur. 2009. Pembelajaran

Berbasis Kompetensi Dan

Kontekstual. Jakarta : Bumi Aksara.

Mundilarto. 2004. Cakrawala Pendidikan:

Pendekatan kontekstual dalam

Pembelajaran Sains. Yogyakarta:

Lembaga Pengambdian Masyarakat

UNY.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi

Pembelajaran Berorientai

Downloads

Published

2023-01-30

Issue

Section

Articles