PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TEKNIK PRAKTEK JUAL BELI TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA MEMAHAMI AKUNTANSI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UM METRO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh contextual teaching and learning
(CTL) teknik praktek jual beli terhadap kemampuan memahami akuntansi. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Design, bentuk
Pretest-control Group Design. yang dilakukan pada mahasiswa semester genap, mata kuliah
Telaah Ekonomi SMA pada materi akuntansi, pembahasan Jurnal Khusus Perusahaan Dagang
UM Metro. Analisis data menunjukkan rataan skor postes kemampuan memahami akuntansi
mahasiswa untuk kelas eksperimen sebesar 71,80 dan kelas kontrol sebesar 66,26. Berdasarkan
hasil penelitian diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,007 lebih kecil dari nilai α = 0,05,
sehingga H0 ditolak. Hasil ini berarti kedua kelas memiliki kemampuan memahami akuntansi
yang berbeda secara signifikan. Kemampuan memahami akuntansi mahasiswa yang mendapat
pembelajaran pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih tinggi dari pada
mahasiswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap memahami
akuntansi mahasiswa.
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi
Aksara
Depdiknas. 2007. Panduan Pembelajaran
Kontekstual Sekolah
Menengah
Pertama. Jakarta: Depdiknas.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain.
Strategi Pembelajaran cet.
Ke3. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Faridah T. 2002.
Pembelajaran berdasarkan
pendekatan kontekstual.
Sulawesi Selatan:
LPMP
|
Iksan, Khairul. 2009. Peningkatan Proses
Pembelajaran Melalui
Strategi Pembelajaran
Kontekstual.
http://my.opera.com/khairul11/blog/
/ 03/12/peningkatanprosesbelajar-mengajar
Kunandar. 2007. Guru Profesional
Implementasi Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (KTSP) Dan
Sukses Dalam Sertifikasi Guru.
Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Mochamad Enoh. 2004. Implementasi
Contextual Teaching And Learning
(CTL) Dalam Kurikulum Berbasis
Kompetensi Mata Pelajaran
Geografi SMU/MA. Jurnal Ilmu
Pendidikan.11 (1).17-29.
Mulyasa. 2006. Menjadi guru profesional
menciptakan pembelajaran kreatif
dan Menyenangkan.
Bandung:
Remaja Rosdakarya
Muslich, Masnur. 2009. Pembelajaran
Berbasis Kompetensi Dan
Kontekstual. Jakarta : Bumi Aksara.
Mundilarto. 2004. Cakrawala Pendidikan:
Pendekatan kontekstual dalam
Pembelajaran Sains. Yogyakarta:
Lembaga Pengambdian Masyarakat
UNY.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi
Pembelajaran Berorientai