Peningkatan Prestasi Belajar Fiqih melalui Metode Demonstrasi Studi Kasus Kelas IX di MTs Babul Ulum Kuala Mandor B.pdf

Authors

  • salman Alfarisi Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Erfan Habibi STAI Sayid Mohammad Alawi Al Maliki Bondowoso
  • Musyaffa Rafiqie Universitas Ibrahimy

Keywords:

Prestasi Belajar, Metode Demonstrasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX di MTs Babul Ulum Kubu Raya melalui penerapan metode demonstrasi dalam mata pelajaran Fiqih. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kolaboratif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan tes. Penerapan metode demonstrasi dilakukan dalam enam tahapan: persiapan pembelajaran, penyajian materi, pemeriksaan hasil, pengerjaan tugas individu, dan pemeriksaan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa. Nilai kognitif rata-rata siswa meningkat dari 65 (sebelum penerapan metode) menjadi 77,5 pada siklus I dan 95 pada siklus II. Peningkatan ini membuktikan efektivitas metode demonstrasi dalam memperbaiki hasil belajar siswa di MTs Babul Ulum Kubu Raya.

References

Agus suprijono, Cooperative Learning, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012).

Ahmad Munjin Nasih, Metodologi Pembelajaran, (Malang,Cakrawala Indonesia, 2009).

Departemen Agama RI, 2009. Al-Qur’an dan Terjemahnya. (Jakarta: Pustaka Al-Fatih).

Dimyati, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Reneka Cipta, 2013).

Ekawarna, Peneliian tindakan kelas, (Jakarta: Gaung Persada, 2011).

Faud ihsan, Dasar-Dasar Pendidikan, (Jakarta: Renika Cipta, 2010).

http://digilib.uinsby.ac.id/1331/5/Bab%202.pdf

http://tulisanterkini.com/artikel/artikel-ilmiah/6921, Manfaat hasil belajar,.html.

https://dhyrahcahayacinta.wordpress.com/2013/06/04/metode-demonstrasi

Muhammad Rahman,ManagemenPendidika, (Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2012 ).

Nana Sudjana,Dasar Dasar Proses Mengajar ( Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2004 ).

Nurrasid, wawancara, Situbondo, 23 November 2016

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar,(Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013).

Slameto,Belajar Dan faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, ( Jakarta: Rineka Cipta, 2013 ).

Slameto,Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010).

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi belajar mengajar, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010).

Syaiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010).

Trianto, Pembelajaran Inofatif Berorientasi Konstruksifistik (Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2007 ).

Wina Sanjaya, Strategi pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2006).

Zuhairini, Methodik Khusus Pendidikan Agama, (Malang: Biro Ilmiah Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, 1983).

Downloads

Published

2024-07-19

How to Cite

salman, salman, Habibi, E. ., & Rafiqie, M. . (2024). Peningkatan Prestasi Belajar Fiqih melalui Metode Demonstrasi Studi Kasus Kelas IX di MTs Babul Ulum Kuala Mandor B.pdf. EDUSHOPIA : Journal of Progressive Pedagogy, 1(1), 16–32. Retrieved from https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/pai/article/view/103

Issue

Section

Articles