Pemikiran Pendidikan Imam Al Ghazali dalam Kitab Ihya’ Ulumiddin
Keywords:
Imam Al Ghazali, Ihya ‘Ulumiddin, Character EducationAbstract
This paper examines Imam Al-Ghazali's educational thought and its relevance in the modern world of education. As a great scholar in the Islamic tradition, Al-Ghazali emphasized that education is not only for the transfer of knowledge, but also for the formation of individual character and spirituality. Through a library research approach, this study explores Al-Ghazali's ideas on moral and moral education, and assesses whether his views are still relevant to address contemporary educational challenges. Al-Ghazali proposed active, reflective and spiritual values-oriented learning methods, which can be adapted to strengthen moral and ethical education in the modern era. This research aims to bridge traditional thought and today's educational needs, while identifying the positive contributions that Al-Ghazali's thought can make to the modern education system.
References
Abdullah, Amin, Antara al-Ghazali dan Kant: Filsafat Etika Islam (IRCiSoD, 2020)
Al-Ghazali, Imam, Ringkasan ihya’ulumuddin (Akbar Media, 2008)
Al-Qasimi, Syaikh Jamaluddin, Buku Putih Ihya’Ulumuddin Imam Al-Ghazali (Darul Falah, 2019)
Alimuddin, Asriani, Justin Niaga Siman Juntak, R Ayu Erni Jusnita, Indri Murniawaty, dan Hilda Yunita Wono, “Teknologi dalam pendidikan: Membantu siswa beradaptasi dengan revolusi industri 4.0,” Journal on Education, 5.4 (2023), hal. 11777–90
Amin, Samsul Munir, sejarah peradaban Islam (Amzah, 2024)
Ashari, Hasyim, “Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Imam Al-Ghazali” (IAIN PONOROGO, 2020)
Assegaf, Abd, Aliran pemikirian pendidikan Islam (PT Rajagrafindo Persada, 2013)
“Badan Pusat Statistik (BPS),” Statistik Indonesia 2020, 2020 <https://www.bps.go.id/id/publication/2020/04/29/e9011b3155d45d70823c141f/statistik-indonesia-2020.html>
Barizi, Ahmad, Pendidikan integratif: Akar tradisi dan integrasi keilmuan pendidikan Islam (UIN-Maliki Press, 2011)
Dahlia, Eis, “Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Imam Al-Ghazali,” Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung, 2017
Daryanto, Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013 (Gaya Media, 2014)
Duryat, H Masduki, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam di Institusi yang Bermutu dan Berdaya Saing (Penerbit Alfabeta, 2021)
Fahmi, Ahmad, “Etika Belajar Mengajar Menurut Imam Al-Ghazali (Kajian Kitab Ihya ‘Ulumuddin)” (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2018)
Fikri, M Kamalul, Imam Al-Ghazali: Biografi Lengkap Sang Hujjatul Islam (Laksana, 2022)
Ginanjar, M Hidayat, “Urgensi lingkungan pendidikan sebagai mediasi pembentukan karakter peserta didik,” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2.04 (2017), hal. 376–96
Hosaini, Hosaini, “Behauvioristik Basid Learning Dalam Bingkai Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali:(Pembelajaran Berbasis Prilaku Dalam Pandangan Pendidikan Islam),” Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 3.1 (2019), hal. 23–45
Ismail, D R Asep Usman, Al-Qur’an dan Kesejahteraan Sosial: sebuah rintisan membangun paradigma sosial Islam yang berkeadilan dan berkesejahteraan (Lentera Hati, 2012)
Kemendikbud, “Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024,” Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020, hal. 1–129 <https://dikti.kemdikbud.go.id/>
Madjid, Nurcholish, Khazanah Intelektual Islam (Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2019)
Mahadhir, M Saiyid, “Pendidikan Islam Menurut al-Ghazali,” Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4.1 (2019), hal. 73–86
Mufid, Mohammad, Belajar dari Tiga Ulama Syam (Elex Media Komputindo, 2015)
Pare, Alprianti, dan Hotmaulina Sihotang, “Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital,” Jurnal Pendidikan Tambusai, 7.3 (2023), hal. 27778–87
Parhan, Muhamad, Salmia Putri Elvina, Dini Siska Rachmawati, dan Alma Rachmadiani, “Tantangan Mendidik Generasi Muslim Milenial Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Menciptakan Lingkungan Pendidikan Islam Modern,” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 7.2 (2022), hal. 171–92
Putria, Nur Amanah, “KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBAL (TERJEMAH KITAB IHYA’ULUMUDDIN)” (UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2023)
Qibtiyah, Luthfatul, S Hum, dan M Pd, Perbandingan Pendidikan Moral Perspektif Islam dan Barat (Goresan Pena, 2020)
Raharjo, Sabar Budi, “Pendidikan karakter sebagai upaya menciptakan akhlak mulia,” Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 16.3 (2010), hal. 229–38
Ruslan, Ruslan, “Eksplorasi Peran Pendidikan Islam dalam Pengembangan Moral: Kajian Pustaka,” Jurnal Sinestasia, 13.1 (2022), hal. 331–45
Selvia, Noor Liyana, “Konsep Pengembangan Ilmu Menurut Imam Al-Ghazali: Perspektif Epistemologi dan Eksplorasi Kontemporer,” SERUMPUN: Journal of Education, Politic, and Social Humaniora, 2.1 (2024), hal. 8–23
Sholikhin, K H M, Filsafat dan Metafisika dalam Islam (Penerbit Narasi, 2008)
Sukirman, Sukirman, Masnun Baiti, Syarnubi Syarnubi, dan Muhamad Fauzi, “Konsep Pendidikan menurut Al-Ghazali,” Jurnal PAI Raden Fatah, 5.3 (2023), hal. 449–66
Sukiyat, H, Strategi implementasi pendidikan karakter (Jakad Media Publishing, 2020)
Syam, Nur Fadhilah, “Diktat Alhadis,” 2022
Tutuk, Ningsih, “Implementasi pendidikan karakter,” 2015
UNESCO, “Global Education Monitoring Report,” 2020 <https://gem-report-2020.unesco.org/>
Wasilah, Khairul, “Penerapan Metode Pakem (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan) di Madrasah,” Journal Creativity, 1.1 (2023), hal. 29–40
Widodo, Hendro, Pendidikan holistik berbasis budaya sekolah (Uad Press, 2021)
Zuhal, Muhamad, dan A Wathon, “Membangun Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Kegiatan Bermain Alat Permainan Edukatif,” Sistim Informasi Manajemen, 2.1 (2019), hal. 136–60