Strategi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar di SMP Negeri 1 Lenteng Sumenep

Strategi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar di SMP Negeri 1 Lenteng Sumenep

Authors

  • Erfan Habibi Sekolah Tinggi Agama Islam Sayid Alawi Al Maliki
  • Musyaffa Rafiqie Universitas Ibrahimy
  • Muhammad Firdaus Sekolah Tinggi Agama Islam Sayid Alawi Al Maliki

Keywords:

Strategi Guru, Proses Belajar

Abstract

Pendidikan memainkan peran penting dalam membentuk kepribadian manusia yang sempurna, melalui pendidikan formal, informal, dan nonformal. Berdasarkan UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS, pendidikan formal mencakup pendidikan dasar, menengah, dan tinggi, pendidikan informal melibatkan keluarga dan lingkungan, sedangkan pendidikan nonformal adalah jalur di luar pendidikan formal yang terstruktur. Guru, sebagai administrator pendidikan formal, bertanggung jawab menyelenggarakan program pendidikan secara efektif, termasuk menciptakan proses pembelajaran yang mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Penelitian ini menyoroti pentingnya strategi pembelajaran yang menyenangkan dan adaptif terhadap kemampuan siswa, guna mencapai tujuan pendidikan nasional sesuai Undang-Undang 1945. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengungkap gejala secara holistik dan kontekstual, dengan peneliti sebagai instrumen kunci. Proses belajar mengajar merupakan inti dari pendidikan, di mana guru dan siswa berinteraksi dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Belajar didefinisikan sebagai perubahan dalam kepribadian melalui pola baru kecakapan, sikap, dan kebiasaan, sementara mengajar adalah upaya memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada siswa, yang harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini mengkaji strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru di SMP Negeri 1 Lenteng Sumenep, yang meliputi pendekatan belajar mengajar, metode mengajar, media pembelajaran, variasi mengajar, dan pengelolaan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan telah sesuai dengan konsep pendidikan, sehingga siswa dapat belajar secara aktif dan memahami materi pelajaran dengan baik. Dengan demikian, tujuan pembelajaran yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dapat tercapai dengan maksimal.

References

Abdul Razaq, Imam Hafidz Abu Bakar Bin Hammam Bin Nafi’ Al-Shan’ani. 2002, Al-Mushannaf Juz: 06, Beirut, Libanon, Darul Kutub Al-Ilmiah.

Ahmadi, Abu. 1985, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Bandung, Armico.

Al-Husein, Abu Muhammad Bin Mas’ud Al-Baghawi. 1992, Syarhus Sunnah Juz: 02, Beirut, Libanon, Darul Kutub Al-Ilmiah.

Ali, Muhammad. 2002, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Baru Algensindo.

Alipandie, Imansyah. 1984, Didaktik Metodik Pendidikan Umum, Surabaya, Usaha Nasional.

Arifin, M. 1991, Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis Dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta, Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 1990, Manajemen Penelitian, Jakarta, Rineka Cipta.

Azwar, Syaifuddin. 2001, Metode Penelitian, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Darajat, Zakiyah, et. al, 2000, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Bumi Aksara.

Depag RI. 1993, Al-Qur’an Dan Terjemahannya, Surabaya, Al-Hidayah.

Dimyati, dan Mudjiono. 2002, Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000, Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta, Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri, Dan Zain, Aswan. 2002, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Rineka Cipta

Hadi, Syamsul, M. 2004, Metode Penelitian Karya Ilmiah (Skripsi, Tesis, dan Desertasi).

Hasibuan, JJ. 2004, Proses Belajar Mengajar , Bandung, remadja Roesda Karya.

Ibrahim, R, dan S, Saodih, Nana. 1996, Perencanaan Pengajaran, Jakarta, Rineka Cipta.

Koentjoroningrat. 1997, Metode-Metode Penelitian Masyarkat, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Keraf, Gorys. 1997, Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa, Flores, NTT, Nusa Indah.

Moeleong, Lexy J. 1990, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Roesda Karya.

Nata, Abuddin. 2003, Manajemen Pendidikan, Jakarta, Fajar Interpratama.

Partanto, Pius A, dan Al-Barry, M Dahlan. 2001 , Kamus Ilmiah Populer, Surabaya, Arkola.

Purwanto, Ngalim, MP. 2002, Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis, Bandung, Remaja Rosydakarya.

___________________1996, Psikologi Pendidikan, Bandung, Remaja Rosydakarya.

Pophan, W James, dan Baker, Eva L. 2003, Teknik Mengajar Secara Sistematis, Jakarta, Rineka Cipta.

Sadiman, Arif S, et. al. 2002, Media Pendidikan; pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya, Jakarta, Raja Grafindo Persada.

Sagala,. Syaiful. 2002, Konsep Dan Makna Pembelajaran, Bandung, Alfabeta.

SJ, Drost, J. 1999, Proses Pembelajaran Sebagai Proses Pendidikan, Jakarta, Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Sudjana, Nana. 2004, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Baru Algensindo.

Siddiq, Mahfudz. 2004, Mata Kuliah Metodologi Pengajaran Agama Islam.

Surakhmad, Winarto. 1998, Pengantar Penelitian Ilmiah, Bandung, Tarsito.

__________________1986, Metodologi Pengajaran Nasional, Bandung, Jemmars.

__________________1986, Pengantar Interaksi Belajar-Mengajar, Bandung, Tarsito.

Uhbiyanti, Nur. 1999, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung, Pustaka Setia.

Usman, Moh Uzer. 2004, Menjadi Guru Profesional, Bandung, Remadja Roesda Karya.

Usman dan Asnawir, Basyiruddin, M. 2002, Media Pembelajaran, Jakarta, Intermasa.

UU RI No 20 Thn.2003 Tentang Sisdiknas Beserta Penjelasannya, Bandung, Cinta Umbara.

Yusuf, Tayar, Dan Aswar, Syaiful. 1995, Metodologi Pengajaran Agama Dan Bahasa Arab, Jakarta, Raja Grafindo Persada.

Zuhairini, et.al. 1993, Metodologi Pendidikan Agama, Solo, Ramadhani

Downloads

Published

2024-07-19

How to Cite

HABIBI, E., Rafiqie, M., & Firdaus, M. . (2024). Strategi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar di SMP Negeri 1 Lenteng Sumenep: Strategi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar di SMP Negeri 1 Lenteng Sumenep. EDUSHOPIA : Journal of Progressive Pedagogy, 1(1), 33–52. Retrieved from https://e-journal.stai-almaliki.ac.id/index.php/pai/article/view/104

Issue

Section

Articles