PENERAPAN METODE AL-SHÂMITAH TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA TEKS ARAB BAGI SISWA MADRASAH ALIYAH
PENERAPAN METODE AL-SHÂMITAH TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA TEKS ARAB BAGI SISWA MADRASAH ALIYAH
Keywords:
metode Al-Shâmitah, Keterampilan MembacaAbstract
Penelitian ini mengkaji metode Al-Shâmitah sebagai strategi pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah. Metode ini menekankan kemandirian, otonomi, dan tanggung jawab siswa, dengan guru yang lebih banyak diam dan bertindak sebagai fasilitator. Kelebihan metode ini meliputi peningkatan potensi intelektual, pergeseran pemahaman dari ekstrinsik ke intrinsik, dan pembelajaran melalui penemuan diri sendiri. Namun, terdapat kekurangan terkait pemahaman bahwa guru yang sebenarnya menguasai materi dan pusat pembelajaran masih pada guru. Prinsip dasarnya melibatkan kembali ke cara bayi belajar dengan artifisial approach, menekankan komitmen diri dan kesadaran dalam pembelajaran bahasa Arab. Langkah-langkah penggunaannya mencakup penggunaan alat praga dan kecermatan visual siswa dalam membaca. Dalam konteks keterampilan membaca, penelitian ini menjelaskan pengertian dan bentuk-bentuk keterampilan membaca, membaginya menjadi membaca nyaring dan membaca diam. Keterampilan membaca dalam hati menjadi penentu pemahaman yang mendalam. Ada lima tingkatan dalam pembelajaran membaca, dimulai dari persiapan menuju qira’ah hingga tingkatan kelima yang menunjukkan karakter dan minat membaca yang tinggi. Penelitian ini memberikan gambaran tentang implementasi metode Al-Shâmitah dalam konteks pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah, serta memberikan pemahaman tentang keterampilan membaca dalam proses pembelajaran.
References
Azwar, Saifuddian, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003
Bahri Djamarah, Syaiful dan Zain, Aswan, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.
Chaer, Abdul, Psikolinguistik Kajian Teoritik, Jakarta : Rineka Cipta, 2003
Departemen, Agama RI, Al-Quran dan Terjemahannya, Surabaya : Mekar Surabaya, 2004
Effendy,Ahmad Fuad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2005
Hadi, Sutrisno, Metode Research Jilid I, Yogyakarta : Andi Offset, 2001
Halimah,Siti, pengaruh media audo visual terhadap kemampuan membaca siswa di MTs al - hidayah, 2000.
Hamdani, strategi belajar mengajar,Bandung, Pustaka Setia,2012
Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta:Pt Raja Grafindo,2005
Hasibuan, Malayu Organisasi Dan Motivasi, Jakarta : Bumi Aksara, SP.2005
Hermawan, Acep, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung : Rosdakarya, 2009
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung : Rosdakarya, 2009
Jannatin, Pengaruh Metode Qawaid wat Tarjamah Terhadap Kemampuan Membaca Siswa di MI Nurul Falah Sumenep Madura, 2009.
Margono, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta, 2004
Mujib, Fathul, Metode Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Jogjakarta:Divapress, 2011.
Mz Mandaru, Guru Kencing Berdiri Murid Kencing Berlari, Jogjakarta: Arruz,2005
Nuha, Ulin,Metodelogi super Efektif Pembelajaran Bahasa arab, Jogjakarta: Diva Press, 2012.
Partanto, Pius, Kamus Ilmiah Populer.Jakarta:Arkola, 2009
Ramayulis , Metodologi Pendidikan,Jakarta: Kalam Mulia, 2008.
Saht, Hasan , Ta’limul Lughah al-‘Arabiyah, Jakarta: Diva Press, 2007.
Sanjaya, Wina ,Srategi Pembelajaran, Prenada :Media Group, 2007
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta, 2008
Sunendar , Dadang, Strategi Pengajaran Bahasa, Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2006.
Syah, Muhibbin, psikologi belajar, Jakarta: Rajawali Pers, 2003.
Taufik, Moh, pengaruh lingkungan bahasa arab terhadap kemamapuan membaca kitab kuning, 2009.
Umar, Husein, Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis,Jakarta, 2004
Winarsunu, tulus, Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendididkan, Malang: UMM Press
Yasyin, Drs.Sulchan, Kamus Pintar Bahasa Indonesia, Surabaya:Amanah, 1995.
Zain, Aswan, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta; PT Asdi Mahasatya, 2010.